Kenali Penyakit Nyeri Pinggang dan Pengobatannya – KLIK INFO
Home / Klik Lifestyle / Hobi & Favorit / Kenali Penyakit Nyeri Pinggang dan Pengobatannya

Kenali Penyakit Nyeri Pinggang dan Pengobatannya

Mungkin hampir semua orang termasuk Anda pernah mengalami masalah sakit punggung bawah atau sakit pinggang belakang, karena diketahui bahwa kondisi ini termasuk ke dalam salah satu penyakit yang sangat umum terjadi. Pasalnya kondisi ini dapat terjadi akibat beberapa faktor pemicu yang seringkali terabaikan ataupun luput dari “pengelihatan” Anda. Sebagai contohnya, ketika Anda sedang mengangkat kotak kardus berisikan barang-barang yang sudah tidak terpakai, untuk dirapihkan. Mungkin Anda bertanya-tanya, Bagaimana bisa?

Mengangkat beban berat dengan posisi angkat atau tubuh yang salah dapat menyebabkan low back pain (LBP) atau sakit punggung bawah dan bahkan mencederai punggung Anda. Mungkin bagi Anda hal ini tidak terdengar menyeramkan. Sebagai informasi, kondisi yang terjadi akibat hal kecil ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama serta dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya, seperti terjepitnya saraf sensorik, motorik dan otonom pada pinggang Anda yang mana diketahui dapat sebabkan kelumpuhan dan peradangan sendi facet.

Mengangkat beban berat dengan posisi angkat atau tubuh yang salah dapat menyebabkan low back pain (LBP)

Lalu bagaimana cara untuk mencegah kondisi tersebut agar tidak terjadi pada diri Anda? Untuk dapat terhindar dari masalah sakit punggung bawah atau LBP dan masalah kesehatan yang ditimbulkannya, Anda harus mengetahui seperti apa sakit punggung bawah atau sakit pinggang belakang itu dan gejala serta tanda-tanda apa saja yang mengindikasikan bahwa Anda mengalami masalah low back pain.

“Apa sih low back pain atau nyeri punggung bawah itu?

Low back pain atau yang biasa disebut dengan nyeri punggung bawah, merupakan rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian punggung bawah dekat bokong, di atas tulang ekor. Dalam dunia kedokteran kondisi ini tepatnya dikenal sebagai sakit punggung bawah.

Struktur tulang belakang.

Bagian belakang atau punggung terdiri dari susunan tulang belakang, cakram diantara vertebrata, sumsum tulang belakang, otot, dan ligament. Selain itu otot perut juga ikut membantu menyokong tulang belakang. Rasa sakit yang dapat berlangsung selama beberapa hari ini dapat timbul jika trauma terjadi pada area tersebut.

”Apa saja tanda-tanda dan gejala sakit pinggang belakang atau LBP?

Gejala low back pain seringkali timbul ketika punggung bagian bawah Anda cedera. Beberapa tanda khusus dari kondisi ini meliputi; sensasi terbakar atau panas di pinggang bagian belakang; kesemutan; dan rasa sakit ringan atau bahkan tajam yang menyebabkan Anda tidak bisa bergerak.

Namun tanda khusus tersebut tergantung pada penyebabnya, Anda mungkin mengalami rasa sakit di kaki, pinggul, atau telapak kaki. Selain itu, kaki Anda juga bisa menjadi lemah. Gejala biasanya hilang setelah beberapa hari atau minggu pengobatan atau bisa juga memerlukan pengobatan kronis dan berkepanjangan.

“Apa penyebab sakit pinggang belakang?”

Benturan keras di punggung bawah atau pinggang belakang karena trauma ataupun cedera dapat sebabkan rasa nyeri yang berlangsung selama 1 hingga 7 hari. Bahkan rasa nyeri ini dapat bersifat kronis dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, sekitar 3 bulan.

Adapun penyebab nyeri pinggang belakang lainnya, seperti:

Kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat beban yang berat diketahui sebabkan LBP
  • Gerakan tiba-tiba dapat sebabkan nyeri atau sakit pinggang belakang
  • Tumpukan lemak
  • Postur tubuh yang buruk
  • Lemah otot dan sakit perut
  • Duduk terlalu lama
  • Mencoba untuk mengambil sesuatu (berat, sulit dijangkau)

Akan tetapi kondisi seperti nyeri punggung bawah atau LBP ini juga dapat terjadi akibat penyakit lain, seperti radang sendi atau fibromialgia dan beberapa penyakit serius – sedikit kasus yang terjadi, seperti kanker, penyakit ginjal, atau penyakit darah. Dokter Anda akan melakukan tes darah untuk mengetahui apakah rasa sakit yang dirasakan disebabkan oleh penyakit lainnya dengan gejala yang sama.

“Apa yang dapat meningkatkan risiko terkena sakit pinggang belakang?”

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, siapa pun dapat mengalami sakit di bagian punggung bawah atau sakit pinggang belakang. Orang tua, remaja dan bahkan anak-anak pun dapat mengalaminya. Namun, beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko sakit punggung bawah adalah:

  • Kelebihan berat badan
  • Kurangnya berolahraga
  • Sering mengangkat beban berat

Berdasarkan statistik, orang-orang dengan masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan berisiko tinggi terkena nyeri punggung bawah, meskipun penyebab dan kaitannya belum dapat diketahui secara pasti.

 “Apa saja pilihan pengobatan sakit pinggang belakang?”

Pengobatan sakit punggung bawah bergantung pada penyebab dan seberapa lama rasa sakitnya berlangsung. Jika penyakitnya disebabkan oleh cedera, dokter akan menyarankan untuk mengompres dengan air dingin. Obat anti-peradangan dapat membantu Anda meringkankan rasa sakit.

Pada rasa nyeri yang lebih parah mungkin perlu diobati menggunakan obat yang lebih kuat yang mengandung opium untuk pemakaian jangka pendek. Untuk gejala otot kejang, dokter akan meresepkan obat pelemas otot.

Namun, memang semua obat berpotensi untuk menimbulkan efek samping pada tubuh Anda. Sebagai contoh, obat anti radang diketahui dapat menyebabkan sakit perut, bisul, ruam, dan masalah hati dan ginjal. Relaksan otot dapat menyebabkan kantuk, pusing, atau ruam.

Obat-obatan berpotensi menimbulkan efek samping pada tubuh.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode fisioterapi untuk membantu Anda mengurangi rasa sakit. Metode ini lebih efektif untuk pasien dengan nyeri lumbar kronis, kondisi pasien dapat diperbaiki berkat latihan untuk punggung bawah dan perut.

Pengobatan nyeri pinggang belakang di rumah Anda

Beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan yang dapat dilakukan di rumah, yang dapat membantu Anda mengatasi sakit pinggang belakang seperti:

  • Minum obat secara teratur, sesuai dengan resep dokter
  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  • Sebaiknya latihan peregangan untuk memperkuat pinggang setiap hari
  • Jaga postur tubuh yang tepat saat duduk, berjalan, atau mengangkat beban

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, metode fisioterapi memang dinilai lebih efektif untuk mengatasi masalah nyeri pinggang, akan tetapi metode ini yang biasanya dapat Anda temukan di rumah sakit atau pada pusat rehabilitas sekarang dapat Anda rasakan di rumah. Pasalnya, metode efektif ini juga diimplementasikan pada alat terapi kesehatan Dr Qyu Lumbar Traction Device.

Alat terapi kesehatan yang berkemampuan membantu proses penyembuhan nyeri pada tulang belakang serta mencegah masalah low back pain datang kembali. Dilengkapi dengan teknologi Spinal Decompression with Intelligent Air Compression System, Dr Qyu Lumbar Traction Device, akan memberikan Anda pereganggan maksimal dan pijatan relaksasi pada bagian pinggang Anda.

Selain itu Dr Qyu Lumbar Traction Device juga memiliki fungsi pemanas infrared (Infrared Heating Function) yang akan memberikan efek relaksasi tambahan pada otot dan ligamentum, melenturkan pembuluh darah, mengurangi inflamasi pada sendi facet, serta membantu proses penyembuhan.

Cari tahu selengkapnya tentang Dr Qyu Lumbar Traction Device

dr qyu, dr qyu lumbar, low back pain, lumbar, lumbar traction device, nyeri pinggang, terapi saraf, terapi tulang belakang, traction device

Check Also

Pasien Hipertensi Melonjak, Masih Mau Miliki Risiko Penyakit Ini?

Penyakit kardiovaskular yang mencakup penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi masalah kesehatan utama di Negara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *