Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak Kolesterol – KLIK INFO
Home / Hot News / Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak Kolesterol

Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak Kolesterol

Mungkin istilah Aterosklerosis tidak diketahui oleh banyak orang, dan mungkin Anda salah satunya yang tidak mengetahui tentang masalah kesehatan yang satu ini. Aterosklerosis merupakan suatu kondisi di mana terjadi penyempitan dan pengerasan pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya tumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Kondisi yang tidak bisa Anda sepelekan dan biarkan begitu saja, karena Aterosklerosis diketahui menjadi salah satu penyebab timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, stroke, penyakit arteri perifer, hingga gagal ginjal. Gangguan kesehatan yang mempengaruhi pembuluh darah ini dapat terjadi di seluruh bagian dalam tubuh, dari kaki, tangan hingga jantung dan otak.

Terbentuknya plak yang mengeras ini disebabkan oleh penumpukan lemak dan zat lainnya – produk buangan dari sel, kalsium dan fibrin, pada dinding pembuluh darah secara berangsur-angsur hingga dinding pembuluh darah dipenuhi oleh plak dan merusak lapisan endotelium (lapisan pada dinding pembuluh darah).

Lantas, “apakah plak kolesterol ini dapat dihilangkan?“ Sangat disayangkan bahwa hingga saat ini belum ada metode, obat-obatan, makanan maupun minuman direkomendasikan untuk dapat menghilangkan ataupun mengurangi plak pada dinding pembuluh darah. Banyak orang yang bermasalah dengan kondisi aterosklerosis ini dan berupaya untuk menghilangkan atau sekedar mengurangi plak tersebut dengan mengkonsumsi makanan, minuman, dan obat-obatan – yang dipercaya dapat melunturkan plak kolesterol, ataupun terapi yang sebenarnya belum teruji dan terbukti dapat mengurangi plak pada pembuluh darah namun tetap saja masih mengalami penyakit komplikasinya seperti serangan jantung. Karena pada dasarnya plak tersebut masih ada dan tetap menumpuk.

Untuk saat ini, penyempitan akibat plak di pembuluh darah dapat diketahui lewat pemeriksaan angiografi dan dokter biasanya menyarankan untuk melakukan tindakan operasi pemasangan ring atau cincin guna melebarkan pembuluh darah. Selain itu, tindakan operasi bypass jika pembuluh darah menyempit cukup parah. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya serangan jantung ataupun penyakit jantung koroner.

Memang untuk saat ini belum ada cara untuk mengikis plak kolesterol yang menjadi penyebab utama aterosklerosis, namun penumpukan plak di pembuluh darah dapat dicegah. Dengan menghindari beberapa faktor risiko aterosklerosis, seperti merokok, pola makan yang tidak sehat, dan kurangnya berolahraga penumpukan plak pun dapat terhindari. Berikut beberapa cara efektif untuk dapat mencegah aterosklerosis sekaligus menghambat terjadinya penumpukan plak semakin parah:

  • Hindari merokok. Hentikan kebiasaan merokok atau hindari kegiatan merokok jika Anda ingin terhindar dari aterosklerosis dan penyakit turunan lainnya. Karena merokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga plak yang dapat mengembangkan stroke semakin mudah unutk terbentuk.
  • Mengubah pola makan. Ubah pola makan yang lebih sehat, dengan cara membatasi asupan lemak jenuh dan trans, mengurangi asupan garam serta gula juga diketahui membantu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah. Pasalnya, kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat membuat plak berkembang semakin banyak dan besar.
  • Olahraga secara teratur. Berolahraga secara teratur dapat membantu Anda mengurangi lemak di dalam darah sekaligus menurunkan tekanan darah dan mengontrol berat badan. Dianjurkan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.
  • Terapi laser. Pancaran sinar low-level laser terbukti di berbagai penelitian dapat membantu mencegah 3 faktor risiko utama ateroklerosis, yaitu hipertensi, kolesterol tinggi dan diabetes. Sinar laser yang mampu menembus hingga pembuluh darah dan mengkonversi kolesterol dan gula dalam darah yang berlebih menjadi energi.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, memang hingga saat ini belum ada metode atau pengobatan yang dapat mengurangi dan menghilangkan plak pada pembuluh darah namun dengan melakukan berbagai kiat di atas aterosklerosis ataupun penumpukan plak dapat dicegah.

Cari tahu bagaimana terapi laser dapat mengatasi masalah kolesterol dan aterosklerosis >>selengkapnya<<

Check Also

Benarkah Diet Ketogenik Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2? Simak Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan

Diet ketogenic adalah diet yang mengandung tinggi lemak, protein sedang dan karbohidrat sangat rendah, yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *