Black Garlic: Fermentasi Bawang Putih Yang Penuh Manfaat – KLIK INFO
Home / Hot News / Black Garlic: Fermentasi Bawang Putih Yang Penuh Manfaat

Black Garlic: Fermentasi Bawang Putih Yang Penuh Manfaat

Anda pasti sering menggunakan bawang putih sebagai penyedap rasa pada masakan anda, namun tahukah anda bahwa sekarang ada bawang putih hitam atau black garlic yang saat ini tengah digemari banyak orang sebagai makanan sehat? Bahkan, saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan black garlic di berbagai supermarket.

“Namun sebenarnya, sejak kapan black garlic ini ada dan digunakan oleh banyak orang?”

Black garlic  ini sebenarnya adalah bahan makanan yang sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu di Korea Selatan, Thailand dan Jepang. Black garlic ini kemudian mulai dikenal di Taiwan dan beberapa Negara Asia lainnya. Kepopuleran black garlic bahkan sudah sampai di kawasan Eropa karena para koki menambahkan bahan tersebut pada semua makanan yang mereka buat seperti ikan, ayam, sup dan risotto.

“Lalu, apa bedanya black garlic dan bawang putih biasa?”

Black garlic sebenarnya adalah bawang putih biasa, hanya saja bawang putih hitam ini sudah melalui proses fermentasi. Proses inilah yang mengubah warna bawang putih tersebut menjadi hitam. Black garlic mengandung antioksidan tinggi karena proses fermentasi tersebut. Bahkan, black garlic ini memiliki aroma bawang yang tidak menyengat seperti bawang putih biasa, tekstur yang kenyal dan rasa yang lebih manis.

“Apakah bisa membuat black garlic sendiri di rumah?”

Membuat black garlic memang cukup mudah, namun anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan proses fermentasi pada bawang putih biasa. Anda bisa menggunakan rice cooker yang anda miliki di rumah. Letakkan tisu kering di wadah rice cooker tersebut, tempatkan bawang putih biasa di atasnya dan tutup bawang putih tersebut dengan tisu basah. Setelahnya, anda bisa mengatur rice cooker anda pada mode warm dan biarkan selama 14-40 hari. Namun, jika anda mengacu pada cara asli fermentasinya anda harus menyimpan bawang putih di dalam wadah tertutup dan letakkan pada daerah yang lembab selama 30-90 hari.

“Manfaat apa yang bisa dirasakan jika mengonsumsi black garlic?”

Penelitian Antioxidant Effect of Garlic and Aged Black Garlic in Animal Mode of Type 2 Diabetes Mellitus menemukan jika black garlic ini memiliki kadar antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bawang putih biasa. Antioksidan ini bisa mencegah komplikasi diabetes. Bahkan, black garlic diketahui bisa menurunkan kadar gula dalam darah karena bisa membantu meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Tak hanya menurunkan gula darah, black garlic juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol hingga 15 persen. Manfaat luar biasa lainnya dari black garlic  adalah mencegah kanker usus. Sebuah studi dalam Spandidos Publications yang diterbitkan pada 2014 lalu mengungkapkan bahwa black garlic dapat menghambat pertumbuhan jalur perkembangan kanker usus besar.

Karena manfaat-manfaat tersebut, black garlic menjadi salah satu makanan sehat yang dipilih banyak orang. Sebab, rasa yang lebih enak dari bawang putih biasa dan bau yang tidak terlalu menyengat pada black garlic membuatnya menjadi alternatif makanan sehat untuk anda yang ingin merasakan manfaat bawang putih.

Selain menambahkan makanan anda dengan black garlic, anda juga harus mengimbanginya dengan memasak nasi anda di alat multicooker yang mampu menurunkan kadar gula dalam nasi. Alat multicooker yang dimaksud ini adalah Vitacook. Vitacook mampu menurunkan kadar gula dalam nasi sebanyak 51%. Bahkan. Vitacook mampu memisahkan zat-zat kimia seperti pestisida dari nasi yang anda konsumsi, sebab kita tak pernah tahu zat kimia apa yang ada di dalam nasi yang selama ini kita konsumsi. Jaga kesehatan anda dimulai dari nasi yang anda konsumsi.

Lebih jauh tentang Vitacook bisa anda ketahui >>di sini<<.

Check Also

Pasien Hipertensi Melonjak, Masih Mau Miliki Risiko Penyakit Ini?

Penyakit kardiovaskular yang mencakup penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi masalah kesehatan utama di Negara ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *