Termasuk Salah Satu Silent Killer, Kendalikan Hipertensi Dengan Beberapa Cara Ini

Termasuk Salah Satu Silent Killer, Kendalikan Hipertensi Dengan Beberapa Cara Ini

Hipertensi menjadi salah satu penyakit silent killer yang harus anda waspadai. Tidak ada gejala yang ditunjukan membuat anda harus berhati-hati jika penyakit ini bisa tiba-tiba menyerang anda. Hipertensi memang bukan penyakit yang bisa disembuhkan, namun anda tetap bisa mencegah dan mengendalikannya agar kesehatan anda tetap terjaga.

Hipertensi disebut sebagai silent killer karena merupakan salah satu penyebab utama kematian yang bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti stroke, gagal ginjal, dan penyakit kardiosulvikar. Seseorang dikatakan hipertensi saat tekanan darahnya berada pada angka 130/80 mmHg dalam jangka waktu yang lama dan secara terus menerus.

Meskipun tidak bisa disembuhkan, namun hipertensi ini tetap bisa dikendalikan. Ada beberapa cara sederhana mengendalikan tekanan darah anda.

  • Kurangi asupan garam

Garam memiliki pengaruh yang besar terhadap penyakit hipertensi. Makanan yang mengandung garam terlalu banyak bisa meningkatkan tekanan darah, terutama saat anda mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama. Inilah sebabnya, orang yang memiliki diagnosis hipertensi harus membatasi asupan garam dalam setiap makanan yang dikonsumsi.

  • Aktif berolahraga

Aktif bergerak dan berolahraga adalah kunci dari hidup yang sehat. Hal ini sangat dianjurkan untuk anda yang ingin mengontrol tekanan darah. Olahraga secara teratur merupakan cara efektif untuk mengurangi risiko hipertensi dan membantu mengontrol tekanan darah anda. Anda tak perlu melakukan olahraga yang berat atau yang memiliki intensitas yang tinggi, anda cukup lakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki, menaiki atau menuruni tangga atau juga membersihkan kamar anda. Beberapa kegiatan ini bisa membuat anda tetap bergerak. Anda tak perlu beralasan bahwa tak memiliki waktu untuk berolahraga, beberapa kegiatan tersebut bisa anda lakukan setiap hari.

  • Berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol

Semua orang pasti mengetahui bahwa rokok tidak membuat kesehatan anda meningkat, rokok justru membuat kesehatan anda memburuk karena berbagai kandungan racun di dalamnya. Bahkan, bahaya rokok sudah dibahas di berbagai media dan bahkan sudah tertulis di bungkus rokok tersebut, sayangnya tak banyak orang yang menggubrisnya. Cobalah untuk berhenti merokok agar tekanan darah anda menjadi normal. Tak hanya itu, anda juga harus berhenti minum alkohol karena dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah tinggi dan memperparah gejala hipertensi jika anda sudah terdiagnosis penyakti ini sebelumnya.

  • Manajemen stress

Banyak orang yang tak menyadari bahwa stress bisa membuat anda melakukan berbagai kebiasaan yang tidak sehat. Saat stress, orang cenderung untuk merokok, mengonsumsi alkohol, dan tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi. Semua hal tersebut itulah yang membuat tekanan darah anda meningkat. Kelola stress anda dengan baik agar anda bisa mengontrol tekanan darah anda. cobalah untuk mendengarkan music, ceritakan masalah anda kepada orang lain atau melakukan meditasi sebagai cara mengelola stress.

  • Cek tekanan darah secara rutin

Selain beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya, anda juga harus mengecek tekanan darah secara rutin. Pantau tekanan darah anda agar anda bisa melakukan tindak pencegahan ketika tekanan darah terus menerus meningkat. Waspadalah ketika tekanan darah adna sudah berada pada angka 130/80 mmHg. Saat itu terjadi, maka jantung anda sedang bekerja sangat keras untuk memompa darah dan bisa saja mengalami gangguan tertentu.

Selain melakukan beberapa cara di atas, anda juga bisa menggunakan Dr Laser sebagai pencegahan komplikasi dari penyakit hipertensi anda. Dr Laser bekerja dengan meningkatkan kualitas darah sebagai pencegahan dari komplikasi penyakit lainnya. Dr Laser juga bekerja dengan merangsang nitric oxide yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga mencegah penyumbatan pembuluh darah yang bisa menyebabkan stroke.

Sebelum hipertensi menimpa anda, anda mungkin akan mengalami pra-hipertensi. Ketahui cara kendalikan pra-hipertensi sebelum hipertensi menimpa anda. Cara kendalikan hipertensi, simak lebih lanjut Di Sini.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *