Cari Tahu Tingkat Kolesterol Yang Tepat Dari Anak-Anak Hingga Dewasa – KLIK INFO
Home / Hot News / Cari Tahu Tingkat Kolesterol Yang Tepat Dari Anak-Anak Hingga Dewasa

Cari Tahu Tingkat Kolesterol Yang Tepat Dari Anak-Anak Hingga Dewasa

Tingkat kolesterol untuk setiap orang tentu berbeda, bahkan tingkat kolesterol bervariasi berdasarkan usia, berat, dan jenis kelamin. Seiring waktu, tubuh seseorang cenderung menghasilkan lebih banyak kolesterol, yang berarti bahwa semua orang dewasa harus memeriksa kadar kolesterol mereka secara teratur. Jika kolesterol anda pada pemeriksaan normal, maka anda bisa memeriksakannya kembali pada 4-5 tahun. Namun, jika pada saat pemeriksaan hasil kolesterol anda tinggi, maka anda harus memeriksakannya lebih sering.

Kolesterol diukur dalam tiga kategori:

  • Total kolesterol
  • LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat
  • HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik

Perjuangan bagi kebanyakan orang adalah menyeimbangkan level-level ini. Sementara kadar kolesterol total dan LDL harus dijaga tetap rendah, namun memiliki lebih banyak HDL dapat menawarkan perlindungan terhadap kesehatan seseorang, termasuk menghindari seseorang dari serangan jantung dan stroke.

Kadar Kolesterol dan Usia

Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Dokter merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah awal untuk mencegah tingkat kolesterol tinggi yang berbahaya berkembang seiring bertambahnya usia seseorang. Kolesterol yang tidak terkelola selama bertahun-tahun bisa menjadi jauh lebih sulit untuk diobati.

Anak-anak paling tidak mungkin memiliki kadar kolesterol tinggi dan hanya perlu memeriksakan kadar mereka sekali atau dua kali sebelum mereka berusia 18 tahun. Namun, jika anak-anak memiliki faktor risiko yang lebih tinggi untuk kenaikan kadar kolesterol, mereka harus mengecek kadar kolesterolnya lebih teratur.

Biasanya, pria cenderung memiliki kadar kolesterol yang lebih tinggi sepanjang hidup daripada wanita. Kadar kolesterol pria umumnya meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, kolesterol seorang wanita sering meningkat ketika dia mengalami menopause. Selebihnya, kolesterol wanita cenderung normal.

Baca Juga: Cegah Kolesterol Jahat Menumpuk Di Pembuluh Darah Dengan Beberapa Cara Ini

Kadar Kolesterol yang Disarankan

Tingkat kolesterol sehat tidak banyak berbeda untuk orang dewasa pada umumnya. Variasi tingkat yang direkomendasikan cenderung berubah karena kondisi dan pertimbangan kesehatan lainnya.

Kadar Kolesterol Untuk Dewasa

  • Kadar kolesterol total kurang dari 200 miligram per desiliter (mg / dL) adalah kolesterol yang banyak diharapkan oleh orang dewasa atau disebut juga dengan kolesterol normal. Kadar kolesterol 200-239 mg /dL termasuk ke dalam ambang batas tinggi. Sedangkan, tingkat kolesterol yang mencapai angka 240 mg/dL sudah termasuk ke dalam tingkat kolesterol yang tinggi.
  • Kadar LDL harus kurang dari 100 mg / dL. Tingkat 100 hingga 129 mg / dL dianggap normal untuk  orang yang tidak memiliki masalah kesehatan tetapi mungkin bisa berbahaya bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung. Angka 130 hingga 159 mg / dL adalah batas tinggi dan 160 hingga 189 mg / dL termasuk angka yang tinggi. Angka 190 mg / dL atau lebih tinggi dianggap sangat tinggi dan harus diwaspadai.
  • Tingkat HDL harus lebih tinggi. HDL yang lebih rendah dari 40 mg/dL membuat anda memiliki faktor risiko penyakit jantung. Sedangkan HDL yang berada pada angka 41mg/dL sampai 59 mg/dl dianggap rendah. HDL yang optimal berada pada angka 60 mg / dL atau lebih tinggi.

Kadar kolesterol untuk anak-anak

Sebagai perbandingan, kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang dapat diterima pada anak berbeda. Kisaran total kolesterol yang dapat diterima untuk anak adalah kurang dari 170 mg / dL. Batas ambang  tinggi untuk anak berkisar 170-199 mg / dL. Pembacaan kolesterol total lebih dari 200 pada anak terlalu tinggi.

Kadar kolesterol LDL anak juga harus lebih rendah daripada orang dewasa. Kisaran kolesterol LDL optimal untuk anak kurang dari 110 mg / dL. Tinggi batas adalah dari 110 hingga 129 mg / dL sementara pada angka 130 mg / dL dianggap terlalu tinggi pada anak.

Tips

Rekomendasi terbaik untuk anak-anak dan remake untuk menjaga kadar kolesterolnya adalah dengan memiliki pola hidup yang sehat, serta tetap aktif bergerak. Pola hidup yang sehat ini termasuk juga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur. Anak-anak yang memiliki keluarga dengan kolesterol tinggi juga bisa meningkatkan risiko tingginya kolesterol pada anak-anak.

Untuk orang-orang yang berada pada usia dewasa awal, disarankan untuk menjalani pola hidup yang sehat agar menghindari peningkatan kolesterol. Semua orang dewasa harus tetap aktif dan mempertahankan rutinitas olahraga yang teratur. Wanita yang mengalami menopause dan orang dewasa dengan kadar kolesterol tinggi harus mempertimbangkan pengobatan yang akan membantu mengurangi kadar kolesterol lebih cepat daripada hanya melakukan diet.

Kolesterol tinggi pada usia berapa pun membuat seseorang berisiko terkena serangan jantung dan stroke. Risiko-risiko ini hanya meningkat seiring waktu, terutama bagi orang dewasa yang tidak melakukan apapun untuk mengurangi penumpukan kolesterol.

Kolesterol tinggi dapat membuat darah menjadi kental sehingga menyebabkan berbagai penyakit serius. Jaga kualitas darah anda tetap baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan menggunakan alat terapi kesehatan laser yang kini bisa anda miliki di rumah.

Miliki alat kesehatan laser portable yang bisa anda kapanpun dan di manapun. Temukan Dr Laser yang dapat membantu meningkatkan kualitas darah anda SELENGKAPNYA

Check Also

Benarkah Diet Ketogenik Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2? Simak Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan

Diet ketogenic adalah diet yang mengandung tinggi lemak, protein sedang dan karbohidrat sangat rendah, yang ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *