Benarkah Stress Mampu Tingkatkan Risiko Berbagai Penyakit? – KLIK INFO
Home / Hot News / Benarkah Stress Mampu Tingkatkan Risiko Berbagai Penyakit?

Benarkah Stress Mampu Tingkatkan Risiko Berbagai Penyakit?

Stress memiliki berbagai efek pada tubuh anda. Salah satunya adalah meningkatkan kolesterol. Anda mungkin tidak menyadarinya. Anda mungkin berpikir penyakit adalah penyebab sakit kepala yang anda rasakan, anda mungkin merasa sulit tidur atau tidak produktif selama anda berada di kantor. Tetapi stres sebenarnya bisa menjadi penyebab hal tersebut terjadi.

Memang, gejala stres dapat memengaruhi tubuh, pikiran dan perasaan Anda, bahkan perilaku Anda. Mampu mengenali gejala-gejala stres yang umum dapat membantu Anda mengatasinya. Stres yang tidak terkendali dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Banyak orang yang memiliki gejala stress mencoba untuk mengatur tingkat stress mereka. Melakukan manajemen stress yang baik bisa memberikan dampak kepada kesehatan anda.

Cari tahu strategi manajemen stress apa yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Melakukan aktivitas fisik secara teratur
  • Berlatih teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam, meditasi, yoga, tai-chi atau pijat
  • Menjaga selera humor
  • Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman
  • Sisihkan waktu untuk hobi, seperti membaca buku atau mendengarkan musik

Banyak orang yang ingin menjaga manajemen stress mereka dengan menonton televisi, berselancar di internet, atau bermain video game, semua hal tersebut mungkin terlihat santai dan menyenangkan, tetapi hal-hal tersebutlah yang dapat meningkatkan stres Anda dalam jangka panjang.

Untuk menhindari stress pastikan untuk banyak tidur dan makan makanan yang sehat dan seimbang. Hindari merokok, mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol. Menjalani pola hidup yang sehat adalah hal paling penting yang harus anda lakukan.

Baca Juga: Lemak di Perut Tak Kunjung Hilang? Ini Empat Penyebabnya

Kapan sebaiknya anda mencari bantuan?

Jika Anda tidak yakin apa penyebab stress tersebut atau ketika anda telah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan stres Anda tetapi gejalanya berlanjut, temui dokter Anda. Penyedia layanan kesehatan atau dokter Anda mungkin ingin memeriksa penyebab lainnya dari stress yang anda rasakan. Atau pertimbangkan untuk menemui konselor atau terapis professional yang dapat membantu Anda mengidentifikasi sumber-sumber stres Anda sehingga anda bisa mengatasinya secepat mungkin.

Juga, dapatkan pertolongan darurat segera jika Anda mengalami nyeri dada, terutama jika Anda mengalami sesak napas, sakit rahang atau punggung, nyeri menjalar ke bahu dan lengan Anda, berkeringat, pusing, atau mual. Ini mungkin tanda-tanda peringatan serangan jantung dan bukan sekadar gejala stres.

Manajemen stress yang baik bisa menghindarkan anda dari berbagai penyakit serius lainnya seperti diabetes dan hipertensi. Manajemen stress yang buruk serta kurangnya istirahat bisa membuat tubuh anda memiliki imunitas yang rendah sehingga mudah terserang berbagai penyakit.

Pastikan anda menjalani pola hidup yang sehat dan menggunakan alatterapi laser, Dr Laser yang mampu meningkatkan kualitas darah. Dr Laser juga bisa memberikan ketenangan sehingga waktu tidur anda lebih berkualitas dan anda bisa memiliki manajemen stress yang baik.

Cari tahu lebih jauh tentang kegunaan Dr Laser dan bagaimana alat terapi ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan anda SELENGKAPNYA

Check Also

Hati-Hati, Mitos Tentang Diabetes Yang Anda Ketahui Selama Ini Ternyata Tak Semuanya Benar

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *