Ini Alasan Anda Harus Mengontrol Hipertensi Anda Sekarang Juga

Ini Alasan Anda Harus Mengontrol Hipertensi Anda Sekarang Juga

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dikenal dengan sebutan “silent killer” karena kebanyakan orang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak merasakan gejala di masa-masa awal.  Padahal, ketika anda tidak merasakan gejala apapun, bukan berarti tekanan darah tinggi tersebut tidak ada di dalam tubuh anda.

Cara pertama yang harus anda lakukan ketika anda memiliki tekanan darah tinggi adalah mengecek tekanan darah anda secara rutin. Tekanan darah tinggi terjadi karena adanya tekanan pada dinding pembuluh darah. Tekanan inilah yang membuat jantung anda bekerja lebih keras untuk mengirimkan darah ke organ-organ vital di dalam tubuh anda.

Seiring waktu, ini dapat memiliki efek buruk pada tubuh dan kesehatan Anda. Karena itu, penting untuk mengontrol hipertensi Anda karena beberapa alasan.

Untuk meningkatkan kesehatan jantung anda

Ketika anda memiliki tekanan darah tinggi, anda memiliki risiko kematian karena penyakit jantung tiga kali lebih besar. Tekanan darah tinggi membuat jantung anda bekerja lebih keras. Jika hal ini berlangsung lama, maka akan berdampak pada kesehatan jantung anda. Pastikan anda menjaga kesehatan jantung anda mulai sekarang.

Menurunkan risiko penyakit stroke

Sebanyak 77% orang yang mengalami stroke biasanya terlebih dahulu mengalami tekanan darah tinggi yang tidak dikontrol. Stroke terjadi ketika ada area di otak anda yang tidak menerima cukup darah dan oksigen untuk bekerja dengan maksimal. Ini menyebabkan adanya sumbatan pada pembuluh darah yang biasa disebut dengan stroke iskemik dan pecahnya pembuluh darah yang biasa disebut dengan stroke hemoragik. Hipertensi menyebabkan kerusakan pada arteri-arteri ini yang membuat stroke lebih mungkin terjadi.

Untuk melindungi ginjal anda

Ketika tekanan darah seseorang tinggi, itu akan meregangkan sistem penyaringan ginjal.  Seiring berjalannya waktu, sistem penyaringan ginjal yang regang atau tidak lentur ini tidak bisa bekerja untuk menyaring darah secara permanen. Ketika hal ini terjadi, masalah ginjal anda telah berada dalam tahap yang kronis dan hal terburuk yang bisa terjadi adalah anda harus melakukan transplantasi  ginjal.

Meningkatkan kualitas hidup masa hidup anda

Pada 2013 lalu, di Amerika hampir 1000 kematian per hari disebabkan oleh hipertensi, dengan menurunkan tekanan darah dan mengontrolnya, anda memiliki risiko 25% lebih rendah untuk memiliki masalah kardiovaskular dan kematian yang disebabkan oleh hipertensi.

Baca Juga: Pra-Hipertensi, Ini Beberapa Jenis Olahraga Yang Bisa Dilakukan

Mengontrol biaya yang harus anda keluarkan

Mungkin kalimat spend a little money now and save a lot later sangat tepat untuk anda yang memiliki tekanan darah tinggi. Biaya yang harus dikeluarkan ketika anda mengalami penyakit lain yang disebabkan oleh hipertensi sangat banyak, bahkan lebih banyak daripada yang harus anda keluarkan di masa sekarang. Hindari hal tersebut dengan mengontrol hipertensi anda sekarang juga.

Hanya sekitar  52% orang yang memiliki hipertensi mengontrol tekanan darah mereka. Anda bisa mulai mengontrol  tekanan darah anda sekarang dengan membuat perubahan kecil di keseharian anda.

  • Ubah  makanan anda

Anda tidak disarankan untuk mengganti sepenuhnya pola makan anda, namun anda bisa memulainya dengan makanan yang lebih sehat. Mulailah dengan memilih makanan yang rendah garam dan lemak, serta lengkapi dengan buah-buahan dan sayuran di dalam pola makan anda.

  • Lakukan aktivitas fisik

Secara ideal, anda harus melakukan olahraga selama 30 menit perhari dan lima hari dalam satu minggu. Anda bisa memulainya sekarang, contohnya dengan menaiki tangga daripada menggunakan lift.

  • Berhenti merokok

Jika anda seorang perokok, mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Merokok, bahkan dalam jumlah yang sedikit bisa berdampak besar terhadap kesehatan jantung anda.

  • Cek tekanan darah anda secara rutin

Jika tekanan darah anda lebih dari 120/80 mmHg, itu artinya anda harus mencari tahu apa saja yang harus anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah anda. Daripada kesulitan mengontrol tekanan darah anda di kemudian hari, akan lebih baik saat anda melakukannya mulai sekarang.

Tekanan darah tinggi harus dikontrol dengan baik sebab hipertensi bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit lainnya yang lebih parah, seperti stroke. Kontrol hipertensi mulai sekarang dengan merangsang tubuh untuk memproduksi nitric oxide lebih banyak agar meningkatkan jumlah oksigen yang akan dikirimkan ke organ-organ penting di dalam tubuh  SELENGKAPNYA

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *