Jangan Anggap Remeh, Diabetes Bisa Terjadi Pada Anak Dan Remaja – KLIK INFO
Home / Klik Health / Anak / Jangan Anggap Remeh, Diabetes Bisa Terjadi Pada Anak Dan Remaja

Jangan Anggap Remeh, Diabetes Bisa Terjadi Pada Anak Dan Remaja

Diabetes mellitus adalah penyakit serius yang memiliki banyak komplikasi dan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Tak hanya orang tua, anak muda juga memiliki risiko yang sama besarnya dengan orang tua untuk terkena penyakit ini.

Secara umum, diabetes dikenal memiliki 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Diabetes tipe 1 lebih cenderung ditemui pada usia muda karena faktor genetik dari riwayat keluarga penderita diabetes. Sedangkan diabetes tipe 2 biasanya ditemui pada usia lanjut karena gaya hidup yang tidak sehat.

Berkembangnya globalisasi yang sejalan dengan industri makanan cepat saji membuat banyak anak dan remaja mengalami obesitas dan terdiagnosa diabetes tipe 2. Anak-anak dan remaja yang terdiagnosa diabetes biasanya kesulitan untuk mengontrol emosi mereka karena kondisi ini dapat mengubah keseluruhan kualitas hidup mereka.

Keluarga dari anak-anak atau remaja yang terdiagnosa diabetes membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kondisi ini. Mereka harus menerapkan rutinitas yang berbeda untuk mengontrol kadar gula darah, mempelajari cara yang tepat untuk menghitung karbohidrat pada makanan, dan bertemu dengan dokter professional untuk menghindari komplikasi diabetes agar anak-anak dengan diabetes bisa mendapat perawatan dan perhatian khusus dibandingkan anak-anak atau remaja tanpa diabetes.

Reaksi terhadap diagnosis diabetes

Anak atau remaja yang terdiagnosa diabetes umumnya akan memiliki reaksi penolakan karena penyakit ini akan ada bersama mereka seumur hidup. Orang tua mereka juga akan memiliki reaksi yang sama, seperti kaget, menolak kenyataan tersebut, marah, sedih, takut, dan merasa bersalah. Namun, perasaan-perasaan tersebut biasanya akan berkurang seiring berjalannya waktu dan adanya dukungan semangat dari komunitas atau keluarga dekat.

Kondisi diabetes ini akan memengaruhi aktivitas sehari-hari mereka, seperti pada orang tuanya yang selalu gelisah tentang kondisinya, frustrasi karena kenaikan kadar gula darah yang drastis, merasa “berbeda” dan merasa malu dengan kondisinya serta memperoleh respon negatif dari teman-temannya.

Masa-masa awal diagnosa diabetes memang menjadi masa yang sangat menantang, untuk itu dorongan emosional dari teman-teman dan keluarga bisa sangat menolong mereka untuk menerima dan beradaptasi dengan penyakit tersebut.

Baca Juga: Infeksi Apa Saja yang Sering Dialami Diabetesi? Ketahui Lebih Jauh di Sini

Anak-anak, remaja dan diabetes

Hidup bersama diabetes dan membiasakan diri mengontrol kadar gula darah menjadi tantangan tersendiri untuk anak-anak dan remaja. Anak-anak dan remaja biasanya merasa bahwa dirinya menjadi “beban” untuk keluarganya dan timbul rasa takut akan diperlakukan berbeda.

Normal bagi anak-anak atau remaja untuk merasa sedih dan marah karena memiliki diabetes yang merupakan penyakit kronis dan tidak bisa disembuhkan. Bagaimanapun, diabetes adalah kondisi seumur hidup, sehingga kebiasaan yang dibutuhkan untuk mengelola kadar gula darah harus diteruskan seumur hidup.

Saat anak-anak berjuang untuk mengontrol diabetes dan kemudian mereka merasa tertekan dan cemas, penting untuk mencari bantuan dari tim kesehatan atau dokter. Dokter dan psikolog dapat membantu untuk menemukan solusi dari beban mental yang dialami. Dalam beberapa kasus, keterlibatan seorang psikiater mungkin diperlukan.

Yang Anda perlu lakukan untuk anak-anak atau remaja yang memiliki diabetes adalah mengatur pola makan mereka. Kurangi konsumsi makanan manis dan nasi putih yang memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Anda bisa menggantinya dengan nasi merah, tetapi tantangan selanjutnya adalah bagaimana membiasakan anak Anda untuk menyukainya karena tekstur yang lebih kasar.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat nasi putih yang dikonsumsi lebih berkualitas. Sudah tahu caranya? Anda bisa menggunakan multicooker Vitacook yang memiliki teknologi thermosteam dan fuzzy logic yang mampu membuat suhunya tetap konstan dan memisahkan karbohidrat dan gula yang ada pada nasi sehingga nasi putih yang dikonsumsi lebih berkualitas serta bebas dari bahan-bahan kimia, seperti pemutih. LEBIH JAUH TENTANG VITACOOK.

Check Also

Hati-Hati, Mitos Tentang Diabetes Yang Anda Ketahui Selama Ini Ternyata Tak Semuanya Benar

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *