Benarkah Diet Ketogenik Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2? Simak Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan – KLIK INFO
Home / Hot News / Benarkah Diet Ketogenik Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2? Simak Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan

Benarkah Diet Ketogenik Bermanfaat Untuk Penderita Diabetes Tipe 2? Simak Manfaat dan Efeknya Bagi Kesehatan

Diet ketogenic adalah diet yang mengandung tinggi lemak, protein sedang dan karbohidrat sangat rendah, yang dapat membantu mengontrol gula darah.

Beberapa orang telah menyarankan diet ini untuk membantu mengontrol kadar gula darah diabetesi, tetapi masih banyak juga yang berpendapat segala jenis diet yang memiliki pola sehat juga dapat membantu menangani diabetes, namun semua itu tetap disesuaikan dengan kebutuhan diet seseorang. Dokter akan menyarankan diet sehat pada setiap orang sesuai dengan kebiasaan makan, pilihan, dan target berat badan atau gula darah orang tersebut.

Makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, roti, pasta, susu, dan buah-buahan, adalah sumber energi utama untuk metabolisme tubuh. Tubuh menggunakan insulin untuk membawa glukosa dari darah kedalam sel untuk energi. Tetapi pada penderita diabetes, insulin tidak ada atau tidak bekerja dengan baik sehingga kemampuan tubuh untuk menggunakan karbohidrat dengan efektif menjadi terganggu dan menyebabkan gula darah meningkat.

Jika seseorang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, hal ini dapat menyebabkan peningkatan tajam pada gula darah, terutama pada diabetesi. Diet sehat penting dilakukan untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2. Membatasi konsumsi karbohidrat adalah inti dari diet keto. Pada awalnya, peneliti menyarankan diet keto pada anak-anak dengan epilepsi, tetapi penelitian lanjut telah membuktikan bahwa diet keto juga bermanfaat untuk diabetesi.

Beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa diet keto bermanfaat untuk diabetes:

  • Menurunkan risiko diabetes pada orang yang belum memilikinya
  • Meningkatkan kontrol glikemik pada diabetesi
  • Membantu orang untuk menurunkan berat badan berlebih

Diet Ketogenik dan Diabetes

Diet ketogenik sangat membatasi asupan karbohidrat. Diet ini memaksa tubuh untuk memecahkan dan menggunakan lemak sebagai sumber energi utama. Proses menggunakan lemak sebagai energi disebut ketosis, yang menghasilkan energi dalam bentuk keton.

Dampak Pada Gula Darah

Diet ketogenic dapat membantu penderita diabetes tipe 2 karena akan membantu tubuh untuk memiliki kadar gula darah yang rendah. Asupan karbohidrat yang rendah juga dapat membantu mengeliminasi tingginya gula darah, sehingga dapat menurunkan ketergantungan pada insulin. Penelitian pada diet ketogenik menunjukkan bahwa diet ini dapat mengontrol tingkat HbA1c, yang merupakan penilaian untuk melihat kadar gula pada hemoglobin selama 3 bulan.

Dampak Pada Pengobatan

Diet ketogenic dapat menurunkan kadar gula darah. Beberapa penderita diabetes tipe 2 yang mengikuti diet ketogenik juga dapat menurunkan jumlah pengobatan yang dijalankan. Tetapi, banyak peneliti yang memperingatkan bahwa mengikuti diet ketogenik bersamaan dengan insulin memiliki risiko tinggi terkena hipoglikemia (kadar gula darah rendah). Hipoglikemia terjadi jika gula darah dalam tubuh turun hingga dibawah 70 miligram per desiliter (mg/dL). Sebaiknya, sesuaikan diet yang anda jalankan dengan dokter untuk menyesuaikan dengan pengobatan yang dijalani sebab tidak mengonsumsi cukup karbohidrat dapat berbahaya ketika mengonsumsi obat-obatan diabetes.

Dampak Pada Berat Badan

Diet ketogenik dapat membantu membakar lemak. Hal ini penting untuk orang yang berusaha menurunkan berat badan dan juga bermanfaat untuk mencegah perkembangan prediabetes dan diabetes tipe 2 akibat kelebihan berat badan. Bahkan penurunan berat badan ringan hingga sedang melalui diet dan olahraga dapat membantu kontrol glikemik, kesehatan secara menyeluruh dan distribusi energi sepanjang hari pada diabetesi. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengikuti diet ketogenik secara disiplin dapat meningkatkan kontrol gula darah dengan baik dan juga menunjukkan penurunan berat badan yang signifikan.

Baca Juga: Siapkan Beberapa Kelompok Makanan Ini Saat Jalani Diet Sehat

Manfaat lain diet ketogenik

Diet ketogenik memiliki manfaat yang bervariasi, termasuk:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan sensitivitas insulin
  • Mengurangi ketergantungan terhadap obat-obatan
  • Meningkatkan nilai High-Density Lipoprotein (HDL), atau juga disebut sebagai kolesterol baik, tanpa meningkatkan Low-Density Lipoprotein (LDL), atau juga disebut kolesterol jahat

Efek Samping

Diet ketogenik dapat digunakan sebagai manajemen untuk penderita diabetes tipe 2. Selain diet ketogenik memiliki manfaat yang baik, diet ini juga memiliki efek samping yang perlu diketahui

Efek Samping Jangka Pendek

Diet ini dapat menyebabkan gejala yang mirip dengan lepasnya kecanduan pada zat tertentu, seperti kafein. Gejala yang dapat dialami dalam jangka pendek:

  • Keto-flu, sekumpulan gejala yang dialami seseorang yang baru saja memulai diet keto, gejala yang dialami mirip seperti terkena flu
  • Perubahan kebiasaan buang air besar, seperti sembelit
  • Kram kaki yang tidak nyaman
  • Menurunnya energi
  • Perubahan kesehatan mental
  • Sering buang air kecil
  • Sakit kepala
  • Berkurangnya kadar garam dalam tubuh

Efek Samping Jangka Panjang

Efek samping jangka panjang termasuk perkembangan batu ginjal dan meningkatkan risiko patah tulang karena kondisi asidosis tubuh. Komplikasi lain termasuk risiko terkena dislipidemia, atau juga disebut kadar kolesterol tidak normal, dan kemungkinan mengalami hipoglikemia. Beberapa penelitian pada hewan yang melakukan diet ketogenik menunjukkan peningkatan risiko penyakit jantung karena penumpukan lemak pada pembuluh darah jantung. Penderita diabetes secara umum sudah memiliki peningkatan risiko sakit jantung. Anak-anak yang melakukan diet ketogenik juga dapat mengalami terhambatnya pertumbuhan karena berkurangnya kadar hormon yang membantu pertumbuhan tulang. Hal ini juga dapat berarti lemahnya tulang sehingga berisiko untuk mudah patah ketika mengikuti diet ini.

Tak hanya diet, diabetesi memang harus memperhatikan asupan makanan mereka karena harus mengontrol gula darahnya. Miliki multicooker Vitacook untuk mengurangi kadar gula pada nasi anda sebanyak 51%.

SELENGKAPNYA

Check Also

Hati-Hati, Mitos Tentang Diabetes Yang Anda Ketahui Selama Ini Ternyata Tak Semuanya Benar

Diabetes adalah kondisi penyakit kronis dimana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula darah dengan baik. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *