Bagaimana Rasanya Memiliki Kondisi Hiperglikemia?

Bagaimana Rasanya Memiliki Kondisi Hiperglikemia?

Tubuh manusia secara alami memiliki gula di dalam darah atau glukosa. Kadar gula darah dengan jumlah yang normal akan memberikan energi kepada sel dan organ agar bisa bertahan hidup.

Namun, kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kondisi hiperglikemia.

Hati dan otot akan memproduksi gula darah, tetapi umumnya gula darah berasal dari makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal, tubuh membutuhkan insulin. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh organ pankreas yang bertugas untuk mengontrol kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh.

Jika tidak memiliki insulin dalam jumlah yang cukup, atau insulin tidak bekerja dengan baik, gula darah akan menumpuk. Tingginya kadar gula darah di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah kesehatan. Apa yang akan dirasakan ketika mengalami tingginya kadar gula darah, mengapa itu terjadi dan bagaimana cara mengetahui kondisi tingginya kadar gula darah?

Gejala

Gula memang menjadi sumber energi terbaik untuk organ tubuh Anda. Sayangnya, kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak akan meningkatkan jumlah energi tubuh, justru sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah sebagai penghasil energi.

Ketika seseorang memiliki kadar gula darah tinggi, gejala yang dapat dialami adalah:

  • Sakit kepala dan juga sakit pada bagian tubuh lain
  • Sulit untuk konsentrasi
  • Perasaan sangat lapar atau haus
  • Mengantuk
  • Pandangan menjadi buram
  • Mulut terasa kering
  • Terasa kembung
  • Sering buang air kecil
  • Pemulihan luka menjadi lama

Baca Juga: Kenali Beberapa Jenis Roti Yang Aman Untuk Diabetesi

Tingginya kadar gula darah dan rendahnya insulin dapat menyebabkan peningkatan keton yang signifikan dan kemungkinan dapat menyebabkan diabetik ketoasidosis di mana ini adalah kondisi yang serius dan membutuhkan penanganan medis segera. Jika hal ini terjadi, penderita akan mengalami: Nafas pendek, bau nafas seperti buah, detak jantung cepat, kebingungan, muntah, dehidrasi, bahkan koma.

Apa yang dirasakan tubuh saat kadar gula darah tinggi?

Tingginya kadar gula darah pada tubuh dapat menimbulkan beberapa gejala dan komplikasi. Berikut ini adalah gejala yang dapat dialami.

  • Sering buang air kecil dan merasa haus. Tingginya kadar gula darah akan berpengaruh pada ginjal dan air kencing. Hal ini dapat menyebabkan penarikan air berlebih dan menyebabkan seringnya buang air kecil. Kondisi ini membuat anda merasa haus walaupun sudah sering minum.
  • Turunnya berat badan. Tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan penurunan berat badan secara mendadak. Hal ini terjadi karena sel di dalam tubuh tidak menerima glukosa yang dibutuhkan sehingga tubuh membakar otot dan lemak sebagai energi cadangan.
  • Kebas dan kesemutan. Tingginya kadar gula darah juga dapat menyebabkan rasa kebas, terbakar atau kesemutan pada tangan, tungkai dan telapak kaki. Hal ini terjadi karena diabetes neuropati atau komplikasi diabetes yang sering terjadi akibat tingginya kadar gula darah selama bertahun-tahun.

Komplikasi Jangka Panjang

Seiring waktu, tingginya kadar gula darah dapat menyebabkan kerusakan pada organ dan sistem organ tubuh. Kerusakan pada pembuluh darah menyebabkan komplikasi, termasuk:

  • Serangan jantung atau stroke
  • Kerusakan mata dan kebutaan
  • Penyakit ginjal atau gagal ginjal
  • Kerusakan saraf pada kulit, terutama kaki yang menyebabkan nyeri, infeksi dan lambatnya proses penyembuhan luka.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan hanya bisa dikendalikan. Maka, akan sangat penting jika anda memperhatikan pola makan dan makanan apa yang anda konsumsi. Kurangi makan nasi putih adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh para diabetesi atau menggantinya dengan nasi merah. Sayangnya, hal tersebut tak mudah untuk dilakukan, mengingat makanan pokok kita adalah nasi putih.

Namun, sekarang anda tak perlu khawatir karena ada Vitacook yang mampu membuat nasi putih anda lebih berkualitas dan menurunkan kadar gula pada nasi putih. Dengan begitu, anda bisa mengontrol gula darah anda.

Miliki Vitacook Sekarang

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *