Waspada!! Terlalu banyak konsumsi Lemak trans 2 kali lipat risiko Penyakit Jantung!!

Waspada!! Terlalu banyak konsumsi Lemak trans 2 kali lipat risiko Penyakit Jantung!!

Mungkin mendengar kata Lemak trans atau Trans fat agak sedikit asing di telinga sebagian orang, tapi siapa sangka lemak satu ini adalah jenis lemak yang terburuk untuk dikonsumsi dan dianggap bahaya oleh banyak dokter.

Penasarankan? Yuk simak apa itu Lemak trans atau Trans fat.

Lemak trans atau Trans fat terbentuk saat cairan minyak menjadi lemak padat. ada 2 jenis lemak trans di dalam makanan yaitu :

  • Trans fat alami dihasilkan di dalam usus beberapa hewan dan makanan yang dihasilkan dari hewan tersebut, seperti; susu dan produk daging.
  • Trans fat buatan dihasilkan dari proses industri yang menambahkan hidrogen pada cairan minyak sayur untuk membuatnya lebih padat.Trans fat buatan dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng, seperti; biskuit, krimer kopi, makanan fast food (ayam goreng, kentang goreng, burger), margarin, dan gorengan.

Baca Juga : Bagaimana Rasanya Memiliki Kondisi Hiperglikemia?

Salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit jantung adalah pola makan tinggi lemak jahat yaitu Lemak trans dan Lemak jenuh. Sumber lemak ini terdapat pada lemak daging, mentega, margarin, santan, dan makanan yang serba digoreng.

Diantara Lemak trans dan Lemak jenuh siapa sih yang lebih jahat?

  • Lemak jenuh tidak memengaruhi kadar kolesterol baik dalam darah.
  • Lemak trans meningkatkan kadar kolestrol jahat dan juga menurunkan kadar kolestrol baik yang disebut kolesterol HDL. Efek penurunan kadar kolesterol baik inilah yang menjadikan Lemak trans 2 kali lipat lebih berbahaya dari asam Lemak jenuh.

Walaupun Lemak trans lebih berbahaya, tetapi bukan berarti kita harus mengonsumsi lemak jenuh atau mengganti asupan Lemak trans dengan lemak jenuh. Solusinya kurangi porsi lemak dalam menu makan harian kita.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *