Memakai obat kumur setiap hari meningkatkan risiko diabetes hingga 50 persen!!

Memakai obat kumur setiap hari meningkatkan risiko diabetes hingga 50 persen!!

Obat kumur menjadi rutinitas kedua setelah mengosok gigi di pagi hari. Selama ini obat kumur dipercaya untuk membantu membersihkan mulut secara menyeluruh dan mengatasi masalah bau mulut. Siapa sangka ternyata tanpa kita sadari obat kumur bisa meningkatkan risiko diabetes.

Hasil penelitian dari British Dental Journal tahun 2008, kebiasaan pakai obat kumur 2 kali sehari dapat menyebabkan diabetes tipe 2 sebesar 55% ketimbang hanya berkumur satu kali sehari (dalam kurun waktu tiga tahun).

Baca Juga : Waspada!! Terlalu banyak konsumsi Lemak trans 2 kali lipat risiko Penyakit Jantung!!

Hal ini dipicu oleh berbagai bahan kandungan kimia yang menghancurkan bakteri baik di dalam mulut yang membentuk nitrat monoksida. Nitrat monoksida dibutuhkan tubuh untuk membantu mengatur produksi insulin. Sehingga menyebabkan produksi insulin dan kadar gula darah pun terganggu dan menyebabkan resisten insulin yang menjadi faktor penyebab Diabetes Melitus.

Sebuah Penelitian dilakukan dengan mengevaluasi 1206 orang yang kelebihan berat badan dengan rentang usia 40-65 tahun. Sebanyak 17 persen responden disimpulkan akan positif terkena diabetes tipe 2.

Mulai sekarang, gunakan obat kumur maksimal dua kali dalam seminggu di pagi hari setelah menggosok gigi. Selain itu, jaga pola makan Anda dengan mengkonsumsi makanan yang bisa membantu produksi nitrit dalam tubuh seperti bayam, selada, seledri, stroberi, wortel demi mencegah datangnya diabetes.

Bagaimana menurut kamu?

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *