Sering melakukan aktivitas berat setiap harinya?? Hati - hati!!

Sering melakukan aktivitas berat setiap harinya?? Hati - hati!!

Sakit pinggang sering terjadi karena duduk terlalu lama, mengangkat benda berat. Mungkin terdenger sepele, pada awalnya pinggang hanya terasa pegal, tapi lama – kelamaan sakitnya terasa menusuk sehingga sulit untuk bergerak atau berdiri tegak. Gejala yang Anda rasakan biasanya tergantung pada apa penyebab sakit pinggang yang dialami. Anda mungkin juga merasakan sakit sampai ke kaki, pinggul, atau telapak kaki yang jadi melemah. Penyebab sakit pinggang yang sering terjadi adalah karena otot atau ligamen terkilir akibat meregang atau bergerak berlebihan.

Penyebab mengapa kita sering terkena sakit pinggang?

Sakit pinggang sering terjadi ketika kita mengangkat benda berat dengan posisi tubuh yang tidak tepat, memutar tubuh dan punya postur tubuh yang buruk. Jika terus – menerus dibiarkan bisa menyebabkan cedera saat beraktivitas fisik. Otot yang terkilir dapat terjadi secara tiba – tiba dan dapat berkembang secara perlahan karena gerakan yang berulang.

Berikut penyebab nyeri pinggang yang umum :

  • Duduk terlalu lama.
  • Gerakan tiba-tiba.
  • Mencoba untuk mengambil sesuatu.
  • Lemah otot dan sakit perut.
  • Postur tubuh yang buruk.
  • Lemak.

Baca juga : Memakai obat kumur setiap hari meningkatkan risiko diabetes hingga 50 persen!!

Nyeri pinggang karena pegal bisa membaik dengan sendirinya. Namun, jika kita tidak kunjung pulih dalam 72 jam, sebaiknya konsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan menjadi tanda kondisi serius lainnya.

Obat sakit pinggang terbagi menjadi 2, yaitu; berdasarkan medis dan yang alami. Pengobatan tersebut hanya untuk mengurangi rasa sakit, bukan menghilangkan sumber nyeri.

Obat sakit pinggang berdasarkan medis :

1. Obat nyeri

Obat-obatan NSAID atau obat anti peradangan seperti ibuprofen atau natrium naproksen dapat meredakan sakit pinggang. Beberapa obat pereda nyer ini dapat Anda temukan dengan mudah di toko obat tanpa resep dokter. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan. Menggunakan obat anti nyeri secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang serius.

2. Penghilang rasa sakit topikal

Obat penghilang rasa sakit jenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di warung atau toko obat tanpa menggunakan resep dokter. Contohnya; Anda dapat menggunakan koyo atau balsem di daerah yang terasa nyeri.

3. Opioid

Pada umumnya penghilang rasa sakit ini sering digunakan untuk nyeri yang lebih parah. Obat ini memerlukan resep dari dokter dan pemantauan berkala. Opoid bekerja dengan menghalangi reseptor rasa sakit di otak. Hal ini juga dapat mempengaruhi detak jantung dan pernafasan. Beberapa contoh opioid antara lain morfin, fentanyl, oksikodon, dan kodein.

Obat sakit pinggang yang alami :

1. Kompres dingin atau panas

Jangan meremehkan kompres dingin atau panas sebagai obat sakit pinggang herbal. Dilansir dari WebMD, E. Anne Reicherter, PhD, PT, DPT, seorang profesor di University of Maryland School of Medicine mengatakan bahwa pemberian kompres dingin selama (1-2 hari) hari setelah cedera dapat mengurangi peradangan.

Baik itu kompres panas ataupun dingin, penting untuk memberikan jeda setidaknya 20 menit supaya kulit dapat beristirahat. Jika setelah melakukan kompres nyeri masih berlanjut, segera konsultasi ke dokter.

2. Mengkonsumsi Jahe

Dengan mengonsumsi 2 – 4 gram irisan jahe dapat membantu mengatasi nyeri sendi dan otot karena mengandung phytochemical. Phytochemical sendiri adalah senyawa yang membantu menghentikan peradangan, sehingga dapat dijadikan obat tradisional sakit pinggang.

3. Berendam air hangat.

Mungkin terdengar sepele, Ternyata dengan berendam air hangat dapat melancarkan sirkulasi darah dan merangsang produksi hormon dopamin untuk melawan stres dalam tubuh. Itu sebabnya, berendam air hangat dapat menjadi obat sakit pinggang herbal.

4. Posisi tidur

Ketika tidur, penting untuk menjaga lekukan alami tulang belakang dengan memastikan kepala, bahu, dan pinggul berada dalam keadaan yang selaras. Posisi tidur yang buruk bisa memberi tekanan pada bagian-bagian tersebut yang dapat memperparah rasa sakit pada bagian pinggang belakang. Oleh karena itu, penting bagi untuk memerhatikan posisi tidur sebagai obat tradisonal sakit pinggang yang tengah dialami.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *