Jarang minum Air Putih picu dampak berbahaya bagi tubuh!

Jarang minum Air Putih picu dampak berbahaya bagi tubuh!

Walaupun terdengar sepele tapi kenyataannya hampir semua orang lebih menyukai minuman berasa dingin sebagai penghilang rasa haus ketimbang minum air putih karena berbagai alasan. Padahal, ahli kesehatan menyarankan kita untuk minum air putih setidaknya dua liter dalam sehari.

Dampak kurangnya mengonsumsi Air Putih

Tidak hanya mengakibatkan dehidrasi, berikut adalah dampak kurangnya minum air putih yang akan dirasakan oleh tubuh kita :

1. Dehidrasi

Hal pertama yang akan kita rasakan akibat kurang minum air putih adalah dehidrasi. Tidak hanya membuat kita haus dan mulut terasa kering, dehidrasi akan membuat kita merasa lelah, susah berkonsentrasi, hingga perubahan warna air seni menjadi kuning gelap, jika dibiarkan akan menimbulkan penyakit serius salah satunya gangguan ginjal.

2. Menurunkan sistem kekebalan tubuh

Akibat kurang minum air putih akan menyebabkan cairan yang dikeluarkan dalam bentuk urine tidak akan sebanyak biasanya. Meski terlihat sepele, hal ini ternyata berpengaruh besar pada seberapa banyak racun atau limbah yang dikeluarkan oleh tubuh.

Baca juga : Siapa sangka Minyak Goreng dapat berbahaya bagi kesehatan!!

Padahal, jika sampai racun dan limbah ini tidak benar-benar dibuang dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh akan terganggu dan kita pun akan lebih mudah jatuh sakit.

3. Sulit fokus

Minimnya kecukupan air berisiko menurunkan fokus, konsentrasi, dan memori otak. Kekurangan yang terjadi terus menerus pada akhirnya berisiko mengakibatkan gangguan fungsi otak.

“Hampir 80 persen otak manusia tersusun atas air. Jika kebutuhan air tidak tercukupi bisa saja mempengaruhi kerja otak, misal konsentrasi terganggu dan sulit fokus,” kata Ketua Indonesia Hydration Working Group (IHWG) Diana Sunardi.

4. Cepat lelah

Cairan tubuh Anda terdiri dari air sehingga ketika mengalami dehidrasi, darah menjadi lebih kental dan jantung harus menggunakan lebih banyak energi untuk menjaga oksigen dan nutrisi lainnya bergerak melalui sistem peredaran darah.

Cara tubuh mempertahankan energi karena mungkin tidak berfungsi seefisien dalam keadaan terhidrogenasi.

5. Mata sakit

Kekurangan minum air putih akan mengakibatkan mata menjadi kering, teriritasi, dan merah. Kondisi ini terjadi karena di bagian mata biasanya dilindungi oleh lapisan tipis yang lembap, seperti air mata, yang mengandung air dan garam.

Jika garamnya tidak cukup encer, mata akan merasa tidak nyaman atau terasa sakit. Kurangnya kelembapan juga membuat hari-hari Anda sangat terganggu bagi mereka yang memakai lensa kontak.

6. Berisiko terkena penyakit batu ginjal

Akibat kurang minum air putih juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Meskipun sebagian besar dapat dikeluarkan oleh tubuh, jika batu ginjal cukup besar dapat menghambat saluran kemih dan menyebabkan sakit perut atau pangkal paha.

Jika mengalami dehidrasi parah, ada kemungkinan Anda bisa mengalami gagal ginjal akut.

7. Nyeri sendi

Jika Anda pernah merasakan nyeri sporadis di persendian Anda, sangat mungkin Anda tidak cukup minum air putih.

Tulang rawan Anda, yang membantu membatasi gesekan di dalam persendian Anda, terdiri dari 70 persen air. Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki banyak cairan sehingga tulang rawan Anda dapat mempertahankan bentuknya yang tepat, yang memungkinkan pergerakan di antara tulang-tulang.

Jumlah air yang harus Anda minum tergantung pada faktor-faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, cuaca, dan kesehatan Anda. Karena itu, penting untuk fungsi vital tubuh Anda, Anda harus meningkatkan asupan air agar tetap sehat.

8. Sakit kepala

Kehilangan berat badan bahkan 1 sampai 2% – setara dengan 500 ml hingga dua liter air dapat menyebabkan gejala sakit kepala. Efek kurang minum air putih juga akan menyebabkan Anda merasa pusing atau lesu.

Jadi, segera mengganti cairan yang hilang dengan segera jika sakit kepala muncul dengan meminum air putih yang cukup.

Jumlah asupan cairan yang disarankan

Jumlah air putih yang kita minum setiap harinya bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti : cuaca, aktivitas dan kebutuhan khusus. Tidak ada jumlah air putih tetap yang harus diminum setiap hari, tetapi ada kesepakatan umum tentang asupan cairan apa yang sehat bagi tubuh kita.

Menurut Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional, Teknik, dan Kedokteran AS, rata-rata asupan air harian yang direkomendasikan dari makanan dan minuman adalah:

  • Untuk pria: Sekitar 3,7 liter atau 125 ons
  • Untuk wanita: Sekitar 2,7 liter atau 91 ons

Selain air putih kita juga bisa mendapat asupan cairan yang cukup dengan mengkonsumsinya, berikut beberapa jenis makanan yang dapat memenuhi asupan cairan pada tubuh kita : buah dan sayuran, oatmeal, cemilan sehat, sup dan dessert beku.

Meski berbagai makanan tersebut mampu menghidrasi tubuh, namun usahakan untuk tetap mengkonsumsi air putih secara rutin agar tubuh tetap segar dan bugar, serta kinerja organ tubuh tetap lancar.

Apakah Anda sudah cukup minum air putih hari ini..?

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *