Suka minuman bersoda? KURANGI MULAI SEKARANG!! 6 PENYAKIT SERIUS MENGHANTUI ANDA!

Suka minuman bersoda? KURANGI MULAI SEKARANG!! 6 PENYAKIT SERIUS MENGHANTUI ANDA!

Di tengah cuaca yang terik seperti Jakarta, pertolong pertama untuk melepas dahaga adalah minuman dingin apalagi minuman dingin bersoda, suatu kenikmatan yang hakiki bagi kita. Meski nikmat dan menyegarkan, bukan berarti jenis minuman ini bisa kita konsumsi setiap harinya. Apalagi kalau sampai berlebihan, bisa – bisa kesehatan tubuh kita bisa jadi taruhannya.

Minuman bersoda mengandung banyak senyawa seperti air karbonisasi, pemanis, pewarna, pengawet perisa dan kafein. Jika seluruh senyawa ini menumpuk di tubuh dalam jumlah yang besar maka akan menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan.

Berikut jenis penyakit akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman bersoda :

1. Obesitas

Minuman bersoda mengandung perasa yang biasanya memiliki kadar gula yang tinggi, jika dikonsumsi secara berlebih dapat memicu kelebihan berat badan atau yang biasa dikenal dengan obesitas. Obesitas terjadi akibat kandungan gula dan kalori yang menumpuk terus menerus didalam tubuh.

Baca juga : Jarang minum Air Putih picu dampak berbahaya bagi tubuh!

Saat seseorang mengalami obesitas, kondisi tubuh menjadi rentan terserang berbagai penyakit, salah satunya diabetes mellitus.

2. Penyakit ginjal

Mengonsumsi minuman bersoda terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit ginjal, sebab minuman bersoda mengandung asam fosfat yang tinggi. Asam fosfat sendiri memberikan makanan dengan rasa tajam dan minuman dengan rasa asam.

Asam fosfat terkait erat dengan perkembangan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya serta menyaring ginjal. Konsumsi asam ini secara teratur dapat menyebabkan penyakit ginjal.

3. Insomnia

Gangguan tidur di malam hari atau insomnia terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi soda. Kandungan aspartame pada soda yang menjadi penyebab utamanya.

Selain insomnia, minuman bersoda juga dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi, hingga gangguan neurologis.

4. Gagal jantung

Jenis makanan atau minuman yang berbahaya bagi jantung adalah soda. Sebab, soda mengandung gula yang tinggi dan membuat banyak tekanan pada dinding arteri jantung.

Sebuah studi di Swedia melaporkan, bahwa laki-laki dewasa yang mengonsumsi dua gelas minuman bersoda atau lebih, dan minuman manis lainnya dalam kurun waktu satu hari, memiliki risiko gagal jantung yang lebih besar.

Berbagai studi sebelumnya telah mengaitkan konsumsi tinggi minuman manis dengan beberapa faktor risiko kesehatan, seperti gagal jantung, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, berat badan bertambah, diabetes, dan obesitas, ungkap pemimpin penelitian Susanna Larsson dari Institute Karolinska di Stockholm.

5. Kerusakan pada gigi

Kandungan asam fosfat pada minuman bersoda akan menghambat penyerapan kalsium tubuh. Beberapa jenis kerusakan yang terjadi di antaranya gigi berlubang, keropos hingga pertumbuhan yang tak sempurna.

Hal ini karena pengaruh kandungan glukosa, sukrosa dan fruktosa. Minuman bersoda  juga membuat gigi lebih rentan terkena karies (karang gigi).

6. Osteoporosis

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa soda, khususnya cola, menyebabkan keropos tulang. Klinik Cleveland mengatakan hal ini bisa juga terjadi karena kafein atau kadar asam fosfat.

Para ahli merasa bahwa soda menghambat asupan kalsium bagi tubuh kita. Jika Anda suka mengonsumsi minuman bersoda, pastikan tubuh Anda memiliki cukup kalsium agar terhindar dari osteoporosis.

Mulai sekarang kurangi hobi mengonsumsi minuman bersoda, alihkan minuman bersoda dengan memilih minuman yang lebih sehat. Kamu bisa mencoba jus buah atau air kelapa yang juga terkenal dapat melepas dahaga.

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *