11 Nutrisi Tapioka

11 Nutrisi Tapioka

Tapioka adalah produk pati yang terbuat dari kasava. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan. Tapioka tersedia sebagai tepung, makanan, dan mutiara. Mutiara tapioka lebih sering digunakan untuk membuat pudding dan bubble tea. Tapioka juga sering digunakan sebagai pengental makanan.

Baca juga : Puasa Dapat Mencegah dan Menghentikan Diabetes

Tapioka hampir seluruhnya mengandung karbohidrat. Orang-orang yang membatasi konsumsi karbohidrat atau yang khawatir akan kenaikan gula darah dapat menganggap tapioka tidak sehat. Indeks glikemik tapioka sangat tinggi, sehingga sangat mudah meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Berikut 11 informasi dari nutrisi tapioka :

1. Bebas dari alergen umum

Tapioka aman dikonsumsi bagi orang yang memiliki alergi makanan seperti; kacang, biji-bijian, dan gluten. Tepung tapioka dapat dijadikan pilihan alternatif pada mereka yang memiliki alergi gluten.

2. Bebas kolesterol

Tapioka tidak mengandung kolesterol yang dapat menyebabkan plak di pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis.

3. Memiliki serat makanan

Satu gelas mutiara tapioka mengandung 1.5 gram serat makanan. Walaupun tidak banyak, tetapi bisa membantu memenuhi kebutuhan serat harian sebanyak 21 – 38 gram.

4. Mudah dicerna

Tapioka dapat direkomendasikan sebagai sumber kalori dan energi saat ada masalah pencernaan seperti irritable bower syndrome.

5. Membantu menambah berat badan

Jika membutuhkan untuk menambah berat badan, tapioka dapat membantu karena 1 gelas mutiara tapioka dapat mengandung 544 kalori dan 135 karbohidrat. Tanpa lemak dan kolesterol, tapioka menjadi pilihan ideal untuk menambah berat badan dengan aman.

6. Sumber kalsium

Mineral terbanyak yang ada pada manusia adalah kalsium, yang penting untuk bahan dasar pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga dibutuhkan untuk kontraksi dan pelebaran pembuluh darah dan otot, membantu saraf mengirim sinyal, dan membantu pembekuan darah. Kalsium akan selalu dikeluarkan melalui kulit, keringat, urin, dan feses. Kalsium yang hilang tidak dapat digantikan sehingga dibutuhkan asupan kalsium melalui makanan. 1 gelas mutiara tapioka memiliki 30 mg kalsium, sekitar 3 persen yang direkomendasikan sehari – hari.

7. Rendah garam

Makanan sehari – hari kebanyakan mengandung garam tersembunyi yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, serangan jantung, dan stroke. Tapioka mengandung sedikit garam dengan kandungan 2 mg pada satu gelas mutiara tapioka.

8. Sumber folat

Folat adalah vitamin B yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk DNA dan pembelahan sel. Defisiensi folat dapat menyebabkan anemia. Satu gelas mutiara tapioka memiliki 6 mikrogram folat, yang merupakan 2 persen kebutuhan sehari – hari yang direkomendasikan.

9. Sumber mangan

Satu gelas tapioka memiliki 8 persen mangan yang dibutuhkan tubuh sehari – hari. Mangan dibutuhkan untuk membantu tubuh mengolah karbohidrat, kolesterol, dan asam amino.

10. Sumber zat besi

Tapioka adalah sumber zat besi yang baik. 1 gelas mutiara tapioka menyediakan sekitar 13 persen dari kebutuhan yang direkomendasikan sehari – hari. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi zat besi, yang dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti nafas pendek, lelah, dan sakit dada.

11. Membantu tetap kenyang

Karbohidrat dan serat pada tapioka akan menyebabkan rasa kenyang dan menekan rasa lapar dalam waktu yang cukup panjang, sehingga dapat mencegah makan berlebih.

Tapioka mengandung karbohidrat dan kalori yang tinggi, sehingga tapioka tidak dapat dikatakan sehat. Tetapi mengonsumsi tapioka dapat membantu memenuhi beberapa kebutuhan nutrisi penting sehari – hari. Perlu diingat konsumsi puding tapioka dan bubble tea memiliki kandungan lain yang menambah jumlah kalori dan lemak dari gula dan susu atau krim. Gula stevia dapat dijadikan alternatif gula sehat.

Penuhi kebutuhan nutrisimu dengan bijak ya..

Leave a comment

Send a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *