4 Camilan Sehat Untuk Mendukung Asupan Nutrisi Pada Anak
Home / Klik Health / Anak / 4 Camilan Sehat Untuk Mendukung Asupan Nutrisi Pada Anak
camilan sehat untuk anak

4 Camilan Sehat Untuk Mendukung Asupan Nutrisi Pada Anak

Kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhan anak memang sangat perlu terpenuhi. Dan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi anak agar lengkap dan seimbang. Selain makanan utama, bunda bisa mensiasatinya dengan memberikan camilan camilan sehat lainnya guna mendukung kebutuhan asupan nutrisi.Walaupun terkadang kita sebagai orang tua mungkin memandang agak kurang srek dengan konsep ngemil anak hal ini dikarenakan agak sedikit khawatir nanti si anak tidak ingin atau tidak begitu nafsu untuk makan makanan berat.

Namun ketika bunda ingin memulai memberikan tambahan camilan-camilan sehat untuk si kecil. Bunda perlu selektif juga ya dalam memilih makanan ringan yang akan dijadikan camilan buat anak-anak bunda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan kandungan gizi yang terkandung pada makanan ringan tersebut. Mengingat anak-anak terkadang tidak sedikit yang menyukai makanan yang manis pada camilan mereka. Dan asupan makanan manis pada mereka perlu dibatasi hal ini agar menghindari dari resiko-resiko bagi kesehatannya.

Lalu apa saja/camilan sehat seperti apa yang sekiranya dapat bunda jadikan pengganti makanan manis yang bisa dijadikan camilan sehat, Berikut beberapa diantaranya:

  1. Potongan Buah Segar
    Yuk, mulai mengajari anak untuk mengonsumi buah dalam potongan-potongan kecil atau sedang yang segar karena manfaat nya jauh lebih baik. Kandungan gizi berupa vitamin, mineral yang terdapat di dalam buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan. Pilihlah buah yang dapat menarik minat anak untuk mengonsumsinya seperti pepaya,semangka atau melon yang diberikan dengan variasi potongan atau campuran beberapa buah dalam satu wadah yang menarik.
  2. Telur
    Telur selain bisa dijadikan sebagai menu lauk makanan utama, Bunda bisa juga mengolah telur dan jadikan sebagai menu camilan sehat. Telur memiliki kandungan gizi yang baik untuk mendukung pertumbuhan si kecil.Bunda pun tak perlu bingung menyajikan camilan sehat telur ini untuk si kecil, karena telur sangat mudah diolah menjadi beberapa makanan kesukaan si kecil, seperti telur rebus, omelet, telur dadar, atau bisa juga diolah menjadi martabak yang disajikan lengkap dengan daging dan sayur dengan ukuran yang tidak besar. Namun, perlu dibatasi juga ya bunda, karena pada kuning telur kadar koleterol yang cukup tinggi juga. Ya setidaknya 1 hari 1 butir saja karena pada dasarkan bunda hanya ingin menambah asupan berupa camilan sederhana tetapi bergizi.
  3. Sereal
    Untuk memulai aktivitas di pagi hari serasa belum lengkap jika belum menikmati sarapan sehat. Mengkonsumsi sarapan yang baik pun tak hanya mengenyangkan perut namun juga harus mengandung berbagai asupan yang dibutuhkan tubuh yakni karbohidrat, mineral, air, protein, vitamin, serat hingga lemak baik. Semua ini bisa didapat dari berbagai makanan seperti nasi, lauk pauk, sayuran, buah hingga air.Sarapan berkualitas kerap dilewatkan tak hanya dari faktor orangtua yang mungkin tak sempat menyiapkan sarapan. Banyak pula momen dimana anak justru tidak mau sarapan dan memilih camilan yang tak sehat. Di sinilah peran sereal sebagai sajian sehat yang praktis dan menarik untuk anak. Bentuknya pun semakin beragam. Menyajikan semangkuk sereal sebagai sarapan bernutrisi adalah solusi yang tepat. Penyajiannya biasa dicampurkan dengan susu yang mengandung protein. Dalam hal ini sebaiknya menggunakan susu murni tanpa tambahan gula yang mengandung glukosa berlebihan. Agar semakin sehat dan semakin membuat si anak tertarik, sereal juga bisa ditambahkan potongan buah yang kaya akan vitamin C, seperti buah kiwi dan stroberi.
  4. Kacang-kacangan
    Makanan yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai menu camilan sehat untuk anak. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari kacang tanah, kacang merah, kacang mede, hazelnut hingga kacang almond yang sangat kaya akan nutrisi. Kacang-kacangan kaya akan kandungan gizi, mulai dari protein, serat, lemak baik.

Dalam pengupayaan pemberian asupan nutrisi pada anak melalui camilan sehat pilihan perlu diperhatikan juga mengenai waktu pemberian camilan sehat pada anak jangan sampai tidak terkontrol. ada waktunya tersendiri agar tidak berdekatan dengan waktu makan utama anak, karena bisa jadi tidak selera makan atau karena masih kenyang.

Setelah itu juga porsi camilan, sebaiknya disajikan dalam porsi kecil atau sedang dan tidak mengenyangkan. Pemberian porsi yang besar tentu akan membuat anak kenyang dan bisa jadi akan mengurangi selera makan pada saat jadwal makan makanan menu utamanya.

Dan hal yang juga penting dalam memberikan camilan sehat untuk anak, pastikan berikan Camilan yang paling sehat dan aman tentu dengan memberikan camilan buatan sendiri. Karena Bunda bisa memilih bahan makanan yang terbaik bersih dan tentu diolah dengan bunda sendiri. Berbeda dengan camilan yang dibeli dikhawatirkan dengan penggunaan zat pewarna, zat pengawet dan penguat rasa yang berbahaya untuk kesehatan tubuh anak. Apabila memang harus membeli dikarenakan memang belum bisa mebuat sendiri maka pastikan kadarluarsa produk camilan yang bunda akan beli ya. Oleh karena itu, untuk bunda sebaiknya membawakan bekal camilan sehat dari rumah. Selain sehat, dapat membantu anak lebih menghemat uang jajannya dan tidak terbiasa jajan sembarangan.

Selain beberapa yang disebutkan diatas tentu masih banyak lagi makanan yang bisa dijadikan camilan yang sehat anda bisa mencari beberapa informasi tambahan mengenai camilan sehat yang lainnya di internet di pencarian google.

Semoga beberapa informasi camilan sehat di atas bisa memberikan pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi Anda semua. Selalu sediakan camilan sehat bagi si kecil ya.

About adm_klikinfo

Check Also

dr laser jam tangan terapi laser

Dr Laser Jam Tangan Terapi Laser Berkualitas

Dr Laser :  Jam Tangan Terapi Laser Tanpa Rasa Sakit Dan Luka Serta Praktis Ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *