Cara Aman Jika Bayi Tersedak – KLIK INFO
Home / Klik Health / Anak / Cara Aman Jika Bayi Tersedak

Cara Aman Jika Bayi Tersedak

Anak-anak usia di bawah 3 tahun paling senang memasukkan sesuatu ke dalam mulut karena dari situlah mereka mendapat kepuasan. Efek negatifnya, bayi berisiko tersedak. Tetapi yang sering menyebabkan bayi tersedak adalah salah posisi saat menyusui si kecil. Misalnya, melakukannya sambil tiduran.

Bagaimana cara terjadinya tersedak? 

Hal ini terjadi ketika makanan/minuman atau benda kecil yang masuk dmenyumbat saluran tenggorokan atau menutup saluran pernapasan sehingga anak seperti tercekik. Akibatnya, menghalangi oksigen yang masuk ke dalam paru-paru dan otak. Setelah 5 menit tanpa oksigen, kondisi ini bisa membahayakan otak dan menyebabkan kematian.

Bayi yang tersedak harus segera mendapat pertolongan, yaitu sebagai berikut:

  1. Letakan bayi dalam posisi telungkup di lengan dengan kepala bayi lebih rendah dari atau dadanya.
  2. Sangga kepala bayi dengan telapak tangan. Jangan menutupi mulut bayi atau menekan atau lehernya.
  3. Gunakan tumit dari salah satu tangan untuk menepuk punggung bayi sebanyak 5 kali, tepat di antara tulang belikat bayi.
  4. Jika benda yang membuat tersedak tidak juga keluar, sangga kepala bayi dan ubah posisinya menjadi telentang di atas paha. Jaga kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya.
  5. Berikan 5 kali tekanan dengan cepat pada tulang dada di bawah puting bayi menggunakan 2 – 3 jari.
  6. Terus berikan 5 tepukan punggung dan 5 tekanan pada dada sampai obyek keluar.
  7. Jika bayi pingsan, segera hubungi ambulans atau bawa ke RS terdekat.

 

Tips agar bayi tidak mudah tersedak:

  1. Cari posisi yang tepat. Pada saat menyusui, duduklah dalam posisi tegak atau setengah duduk, sementara bayi digendong. Agar posisi bayi agak tinggi, letakkan bantal di bawah kepalanya.
  2. Play it safe. Ketika anak mulai mengonsumsi makanan padat, potonglah makanan kecil-kecil, atau berikan makanan yang lunak dan bertekstur lembek.
  3. Sebisa mungkin temani bayi Anda saat makan, jangan membiarkan mereka makan sendirian. Anda juga perlu belajar bagaimana menangani bayi saat tersedak.
  4. Saat di mobil yang sedang berjalan, guncangan akan semakin terasa. Jadi jangan memberi makan bayi Anda saat di dalam mobil, kemungkinan tersedak pun akan tinggi.
  5. Jika si kecil makan makanan yang lengket di gigi atau gusi, jangan lupa untuk membersihkan gusi dan giginya dengan lap basah sampai ia cukup umur untuk menggosok gigi.
    dr laser dr laser dr laser dr laser

Nah Bunda, sebaiknya berikan perhatian ekstra saat si kecil makan dan bermain ya. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan pun tidak akan terjadi.

 

Check Also

Tak Kenal, Maka Tak Terhindarkan: Mengenal Stroke

Penyakit stroke merupakan salah satu penyakit yang berbahaya, pasalnya penyakit ini dapat merenggut nyawa Anda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *