Hati-hati Sering Memakai Celana Ketat, Kenapa? – KLIK INFO
Home / Klik Health / Pria / Hati-hati Sering Memakai Celana Ketat, Kenapa?

Hati-hati Sering Memakai Celana Ketat, Kenapa?

Trend mode fashion selalu berubah. Setiap perubahan selalu muncul trend-trend baru. Paca perancang mode tak henti-hentinya menciptakan mode pakaian yang kreatif. Yang dibidik pada trend mode biasanya adalah para kawula muda. Tak hanya para eksekutif muda saja, melainkan juga remaja dan anak-anak.

Trend celana dari waktu ke waktu mengalami perubahan. Mode begi, sampai ketat sudah mewarnai trend mode fashion. Khusus untuk trend mode celana ketat, saat ini lagi modenya celana pensil. Celana ketat yang terbuat dari bahan jeans ini meruncing dari atas ke bawah. Karena modelnya yang meruncing ini sering disebut dengan celana pensil.

Para korban celana pensil adalah kalangan anak-anak muda. Mulai dari anak kecil, remaja, sampai dengan anak kuliah. Tidak hanya kaum adam saja yang dibidik oleh para perancang mode celana pensil ini, akan tetapi juga kaum hawa tak mau ketinggalan. Coba kita lihat, di mana banyak anak muda berkumpul, di situ banyak yang memakai celana pensil ini.

Apakah para perancang mode tadi hanya mengambil keuntungan materi saja dari desain yang ia buat atau juga memperhatikan tentang dampak dari celana pensi yang mereka buat? Seharusnya para perancang mode memperhatikan dampak pakaian yang ia buat. Dampak ini tentunya bagi kesehatan bagi orang yang memakainya. Jangan hanya mementingkan komersialnya. Berikut ini dampak buruk pemakaian celana ketat bagi kesehatan yang dilansir dari tiga laman Suara Merdeka, Detik Healt, dan Kabar Top.

Baik pada pria dan wanita berdampak sebagai berikut.

1. Sindrom paha kesemutan
Masalah saraf yang umum adalah Meralgia Paresthetica yang terjadi karena memakai celana terlalu ketat. Celana Anda membuat sendi paha lengket, basah, dan kesemutan.

2. Sakit punggung
Mengenakan celana jins terlalu ketat dapat menekan otot punggung dan menimbulkan rasa sakit. Ketika duduk, Anda merasa celana Anda sangat menekan pinggang dan menyebabkan rasa kesemutan di daerah tersebut.

3. Pusing
Sering memakai pakaian ketat dapat menyebabkan masalah pernapasan, berkeringat, dan pingsan. Rasa tidak nyaman, sesak nafas, sakit kepala, dan pandangan sedikit kabur.

4. Mulas dan sakit perut
Pakaian ketat menekan perut dan menyebabkan rasa sakit. Ini juga menyebabkan surutnya asam yang berakibat timbulnya rasa panas yang parah. Bahkan, celana ketat itu dapat mengurangi aktivitas pencernaan Anda.

Khusus Bagi Pria

1. Testis terpelintir

Ini terjadi karena celana yang ketat menghambat spermatic cord bergerak bebas yang bisa membuat testis terpuntir atau terpelintir sehingga memotong suplai darah. Pada kondisi yang parah kadang hingga membutuhkan pembedahan.

2. Infeksi saluran kemih

Celana jins yang ketat di daerah selangkangan bisa memberikan tekanan berlebih pada kandung kemih serta menyebabkan bakteri mudah untuk berkembang biak dan memasuki tubuh yang memicu terjadinya infeksi saluran kemih.

3. Menurunkan kualitas dan kuantitas sperma

Celana yang ketat membuat suhu di sekitar selangkangan dan testis, kondisi ini tentu saja mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan karena testis butuh suhu tertentu agar bisa optimal dalam memproduksi sperma.

4. Kelemahan kandung kemih

Pemakaian celana yang ketat dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan over-aktivitas dari kandung kemih yang membuat seseorang jadi lebih sering buang air kecil. Pada kondisi tertentu bisa menyebabkan sakit parah dan gangguan pada kandung kemih.

Penggunaan celana jeans ketat yang terlampau sering menyebabkan daerah di sekitar kemaluan menjadi panas, sehingga berbahaya untuk sperma. Hasil penelitian di Indonesia menyebutkan bahwa kualitas sperma pria mengalami penurunan bila terlalu sering mengenakan celana jeans ketat. Disebutkan, jumlah sperma yang biasanya 60 juta per mililiter dapat turun drastis menjadi 20 juta per mililiter.

Secara ilmiah, hal ini dapat dijelaskan. Suhu yang tidak normal pada skrotum, yaitu lapisan yang melindungi kemaluan, dapat berakibat buruk pada kualitas sperma karena tumpukan keringat yang tidak bisa keluar di sekitar organ reproduksi. Sehingga dapat menimbulkan jamur yang akan meningkatkan suhu testis dalam produksi sperma. Bila diteruskan akan menjadi gatal dan menjalar ke bagian buah zakar.

Khusus Bagi Wanita

Timbulnya jamur, keputihan, dan gatal-gatal pada organ kewanitaan. Hal ini disebabkan timbunan keringat yang ada di area itu tidak bisa keluar dengan baik, dan akhirnya menumpuk, selain itu keadaan udara yang lembab memicu munculnya jamur. Bila hal ini dibiarkan terus menerus maka akan membahayakan organ kewanitaan yang mengancam kesehatan reproduksi.

Beberapa orang yang mengalami sindrom celana ketat ada yang disertai dengan penyakit menular seksual seperti infeksi jamur, atau mengalami gejala lain seperti kram menstruasi, ruam serta gangguan pencernaan.

Selain itu dengan menggunakan celana ketat, perut akan terasa sakit dan pernafasan juga akan terganggu karena perut selalu dalam keadaan tertekan yang pada akhirnya proses BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar) juga akan terganggu.

Check Also

Efek Hipertensi Pada Tubuh Anda

Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah kondisi ketika darah Anda mengalir melalui pembuluh darah dengan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *