Hindari 5 Makanan Pemicu Kanker Serviks – KLIK INFO
Home / Klik Health / Hindari 5 Makanan Pemicu Kanker Serviks

Hindari 5 Makanan Pemicu Kanker Serviks

Resep-Steak

 

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan salah satu jenis penyakit mematikan dan sulit disembuhkan. Penyakit ini yang sangat menakutkan bagi sebagian perempuan. Kanker serviks menyerang pada daerah leher rahim reproduksi kaum perempuan. Kanker ini disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). Namun, tidak menutup kemungkinan kanker serviks ini diakibatkan dari pola makan yang salah. Oleh sebab itu, Anda harus memerhatikan dan menghindari makanan pemicu timbulnya sel kanker serviks. Beberapa jenis makanan tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Makanan berlemak
    Lemak dapat memproduksi hormon estrogen. Rahim yang terpenuhi oleh hormon estrogen inilah yang dapat menimbulkan sel kanker. Lemak banyak terkandung dalam jenis makanan yang digoreng seperti kentang goreng, keripik, dan jenis gorengan lainnya. Gorengan ini makin mengerikan sebagai pemicu kanker serviks jika digoreng menggunakan minyak jelantah. Sebaliknya, Anda harus memperbanyak mengonsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayur untuk mencegah timbulnya kanker serviks ini ya, Mam.
  1. Makanan dan minuman beralkohol
    Alkohol menjadi salah satu pemicu tumbuhnya sel kanker pada mulut rahim. Karena itu, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol, seperti kue yang diolah dengan campuran rhum, tape, wine, dll.
  1. Makanan berbahan kimia
    Makanan yang mengandung bahan kimia, seperti pengawet, pewarna buatan, pemanis buatan, dll sangat aktif dalam menumbuhkan sel kanker serviks. Karena itu, bumbu penyedap makanan, makanan kaleng, makanan instan, daging dalam makanan siap saji, dll merupakan beberapa jenis makanan yang wajib Anda hindari untuk mencegah timbuhnya sel kanker.
  1. Makanan yang mengandung kadar gula tinggi
    Makanan yang memiliki kadar gula tinggi juga menjadi pemicu timbulnya kanker serviks. Jenis makanan dengan kadar gula tinggi ini dapat ditemukan pada makanan dan minuman bercita rasa manis, seperti donat, kue tart, sirup, jus, soda, dll.
  1. Makanan yang diolah dengan dibakar atau dipanggang
    Daging yang diolah dengan proses pembakaran atau pemanggangan dapat mengaktifkan zat yang bersifat beracun dan menimbulkan risiko kanker. Karena itu, Anda harus menghindari beberapa jenis makanan yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang, seperti sate, steak, kambing guling, dll.

Beberapa jenis makanan di atas sangat perlu Anda hindari untuk mencegah tumbuhnya sel kanker serviks. Namun, jangan terpaku pada pemilihan jenis makanan saja, usahakan untuk rajin berolahraga, tidak merokok, memperbanyak minum air putih, memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur, menjaga kebersihan organ intim, tidak melakukan free sex, dan cukup istirahat juga ampuh dalam mencegah timbulnya sel kanker serviks. Nah, bagi Anda yang merencanakan kehamilan sebaiknya Anda memeriksakan kesehatan Anda untuk memastikan bahwa tubuh Anda terbebas dari sel kanker yang mengerikan ini. Semoga bermanfaat.

 

Check Also

Teknologi “Tiruan” Matahari

Matahari. Bintang yang terdiri dari plasma panas dan medan magnet ini merupakan sumber kehidupan bagi ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *