Yuk! Konsumsi Sayuran Dan Buah Yang Berserat
Home / Hot News / Yuk! Konsumsi Sayuran Dan Buah Yang Berserat
sayuran dan buat yang berserat

Yuk! Konsumsi Sayuran Dan Buah Yang Berserat

Serat makanan dikenal sebagai komponen yang didapat dari bahan makanan nabati. Makanan yang berserat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur dan seimbang setiap harinya. Serat makanan juga merupakan salah satu zat gizi yang juga penting.

Peran serat dalam konsumsi makanan sangat diperlukan juga, seperti diantaranya untuk mencegah konstipasi (sembelit), Makanan tinggi serat sangat baik dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Apa saja bahan makanan yang merupakan sumber serat. Sumber makanan berserat banyak ditemui pada sayur-sayuranan, buah, biji-bijian, padi-padian, kacang-kacangan.

A. Sumber Makanan Berserat dari Sayuran
Mungkin sudah banyak yang mengetahui bahawa sayuran sangat dibutuhkan dan perlu dikonsumsi setiap hari sesuai dengan jumlah dan komposisi yang seimbang. Selain hal tersebut diatas, sayuran juga berguna bagi kesehatan tubuh sesuai dengan zat-zat yang dikandungnya. Selain kaya kandungan vitamin dan mineral, sayuranpun kaya akan serat. Agar didapat serat yang optimal pada sayur-sayuran, tentunya harus dipilih juga sayuran yang bagus.

Berikut beberapa Sayuran Berserat Tinggi:

sayuran-yang-berserat-salah-satunya-wortel
Wortel
Kandungan serat dalam wortel tergolong berserat tinggi, Selain kaya serat Wortel juga mengandung vitamin A, B, dan C; betakaroten; serta mineral kalium, magnesium, dan fosfor. Wortel bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker, menurunkan kolesterol darah, menjaga kesehatan mata(mencegah xeropthalmia), memperlancar saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan menjaga kesehatan hati.

Bayam
Siapa yang tidak menyukai olahan bayam mulai dari sayur bayam, peyek bayam dan lain-lain. Bayam yang citranya mungkin dikenal dengan film kartun ‘popeye’ ini ternyata memiliki banyak khasiat dan juga termasuk sayuran berserat tinggi. Bayam juga mengandung provitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Bayam bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menurunkan risiko serangan kanker, menurunkan berat badan, dan menurunkan kolesterol darah.

Namun, diantara khasiat bayam tersebut, ada beberapa hal yang harus di waspadai dalam mengolah bayam. bahwa sayur bayam disarankan untuk tak boleh dipanaskan ulang, dan apabila usianya sudah lebih dari 12 Jam, maka mau tidak mau makanan tersebut harus segera dibuang dan tak lagi boleh dimakan? Anda bisa cari tahu informasi ini di pencaharian google mengenai bayam.

Labu Kuning
Labu kuning merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung serat tinggi. Zat gizi lain yang terdapat dalam labu kuning di antaranya vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan betakaroten. Labu kuning bermanfaat untuk menguatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan mata.

Sawi Hijau
Sawi hijau juga memiliki kandungan serat tinggi. Selain serat, sawi hijau juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, dan zat besi. Sawi hijau berkhasiat membantu kesehatan sistem pencernaan.

sayuran berserat tinggi
Paprika
Kandungan serat dalam paprika cukup tinggi. Selain serat, paprika juga mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, dan silikon. Berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, memperbaiki kehalusan kulit, menurunkan kadar kolesterol darah, memperkuat sistem antibody.

sayuran berserat tinggi
Buncis
Anda suka buncis? Buncis ternyata memiliki banyak manfaat selain mengandung serat, buncis mengandung provitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, kalium, dan fosfor. Sayuran ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menstabilkan gula darah.

Dan satu lagi buncis kini telah digunakan sebagai bahan utama produk DMPHAS, yaitu obat diabetes herbal yang digunakan untuk meringankan gejala kencing manis.

sayuran berserat tinggi
Daun Selada
Daun selada mengandung serat. Daun selada juga mengandung provitamin A (karotenoid), kalium, dan kalsium. Sayuran ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki organ dalam, mencegah panas dalam, melancarkan metabolisme, membantu menjaga kesehatan rambut, mencegah kulit menjadi kering.

Mentimun Kecil
Serat dalam mentimun kecil, sekitar 0,5 gram per 100 gram bahan. Vitamin dan mineral yang ada di dalam mentimun kecil di antaranya vitamin C, kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium. Mentimun kecil biasa dimanfaatkan untuk menghilangkan panas dalam dan racun panas dalam, melancarkan sistem pencernaan, menghaluskan kulit, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Pare
Pare mengandung serat sebanyak 0,8 gram per 100 gram bahan. Pare juga mengandung karantin, asam amino, vitamin C, dan kalsium. Pare bisa dimanfaatkan untuk menyejukkan tubuh pada saat cuaca panas, memperlancar ASI, menurunkan kadar kolesterol darah, dan mencegah sembelit.

sayuran dan buah berserat tinggi
Kubis atau Kol
Kubis termasuk jenis bahan makanan yang mengandung serat tinggi. Zat gizi lain yang ada dalam kubis di antaranya provitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2 , kalium, kalsium, yodium, dan fosfor. Kubis berkhasiat untuk mencegah penyakit kulit, menghambat pertumbuhan tumor, membantu menghilangkan alkohol dalam darah, menurunkan kolesterol darah, sebagai stimulan estrogen, serta mencegah kanker usus dan lambung.

B. Sumber Makanan berserat dari Buah
Selain sayur-sayuran Buah-buahan juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, selain dikonsumsi dalam bentuk segar, buah-buahan juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus melalui suatu proses atau dihidangkan bersama sayur-sayuran.

Berikut beberapa Buah yang memiliki kandung serat:

buah berserat tinggi
Jambu Biji Merah

jambu biji merah mengandung kaya serat, dan juga termasuk salah satu buah berserat tinggi. Jambu biji merah cocok digunakan untuk terapi penyembuhan diabetes mellitus karena rendah kalori dan glukosa. Jambu biji merah juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antioksidan dan antikanker, mengatasi sariawan, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan membersihkan darah. Jambu biji merah mengandung vitamin A , vitamin C, kalium, fosfor, dan magnesium.

buah berserat tinggi
Pir Hijau
Pir hijau mengandung vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, dan pektin. Pir hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat juga dengan kadar sekitar 2,3 gram per 100 gram bahan. Pir hijau bisa digunakan untuk meredakan panas dalam, membantu proses pencernaan, meredakan batuk, sebagai antioksidan, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah konstipasi. Pir hijau sangat baik konsumsi anak-anak karena kandungan seratnya tinggi. Sebenarnya yang dibutuhkan anak-anak bisa diperoleh dari sayuran. Namun, biasanya mereka tidak terlalu suka sayuran.

buah berserat tinggi
Avokad Hijau
Avokad hijau bermanfaat untuk menanggulangi anemia, terapi kecantikan,dan membantu regenerasi sel darah merah. Avokad hijau termasuk jenis buah yang banyak mengandung serat sehingga bisa digunakan untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi (sembelit). Avokad hijau juga bisa digunakan untuk mencegah malnutrisi karena kandungan lemaknya tinggi. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan kegemukan. Selain serat dan lemak, avokad hijau juga mengandung protein, vitamin A, kalium, kalsium, dan magnesium.

Pepaya
Pepaya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalium, kalsium, magnesium, karbohidrat, dan papain. Salain kaya vitamin Pepaya juga mengandung serat. Papain dalam pepaya berfungsi untuk mengurai protein dalam usus, dan memperlancar keluarnya air susu. Selain itu, papain yang merupakan salah satu enzim protease bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka dan membantu proses pencernaan protein.

Leci
Daging buahnya mirip dengan buah lengkeng dan rambutan. Leci bisa digunakan untuk memperbaiki keadaan kulit. Penderita diabetes mellitus sebaiknya tidak mengonsumsi buah leci karena kadar gulanya tinggi sehingga cepat menaikkan kadar glukosa darah. Leci mengandung beberapa zat gizi, di antaranya sukrosa, glukosa, vitamin C, kalsium, magnesium, dan fosfor. Selain itu Leci juga mengandung serat.

Mangga
Mangga sudah tidak asing lagi, buah favorit yang banyak dikonsumsi dengan menjadi olahan jus. Ternyata buah mangga juga buah berserat tinggi. Selain itu, mangga mengandung vitamin A, pektin, dan fruktosa. Kandungan gizi dalam mangga bermanfaat untuk menguatkan jaringan tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, dan mencegah sembelit. Selain itu, zat gizi dalam mangga juga bisa digunakan untuk membersihkan sistem sirkulasi darah sehingga dalam jangka panjang dapat mencegah gangguan pada pembuluh darah.

buah berserat tinggi
Nanas
Kandungan zat gizi dan fitokimia dalam nanas di antaranya vitamin A, vitamin C, mangan, kalsium, magnesium, dan pektin. Selain itu, nanas juga mengandung serat. Pektin dalam nanas berfungsi untuk memperlancar pembuangan tinja dari usus, membantu meredakan panas dalam paru, meredakan batuk, mengatasi gangguan ginjal dan saluran kandung kemih, mengatasi sariawan, meredakan demam, mengobati penyakit jantung dan stroke, mengatasi infeksi, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, serta mengatasi gangguan anemia (jika dimasak bersama bahan makanan hewani seperti daging ayam).

buah berserat tinggi
Semangka
Semangka termasuk buah yang memiliki kandungan serat. Selain itu, semangka mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan fosfor. Semangka juga bisa dimanfaatkan untuk menguatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol, sebagai antikanker, sebagai anti-alergi, membantu menghilangkan kolik (sakit perut yang mendadak), mengatasi sariawan, menurunkan demam, sebagai antioksidan, dan sebagai diuretik (pembersih tubuh).

buah berserat tinggi
Apel Merah
Kandungan serat dalam apel merah sekitar 2 gram per 100 gram bahan. Apel merah mengandung serat yang larut dalam air, asam organik, dan kalium. Apel merah berkhasiat untuk menstabilkan kadar kolesterol dan menstabilkan tekanan darah. Kulitnya mengandung pektin (termasuk serat makanan yang larut dalam air) yang berfungsi sebagai pembersih racun dari dalam tubuh, menyerap kelebihan air dalam usus, memperlunak feses, membantu menghalangi karies gigi dan penyakit gusi (membersihkan makanan yang tersembunyi di belakang gigi dan gusi), menurunkan kadar kolesterol.

buah berserat tinggi
Buah Naga
Selain memiliki kandung serat, buah naga juga mengandung kalium, pektin, magnesium, fosfor, dan zat besi. Buah naga bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan, menurunkan kandungan gula darah, mengatur keseimbangan gula darah,. Kandungan serat dalam buah naga bisa digunakan untuk melancarkan proses pencernaan makanan dan mencegah konstipasi.

buah berserat tinggi
Belimbing
Belimbing bermanfaat untuk meredakan panas dalam dan menghilangkan racun panas dalam, memperlancar pembuangan tinja, mencegah dan mengatasi infeksi mulut dan tenggorok, mengatasi kencing batu (jika dikonsumsi dengan madu), menurunkan kadar kolesterol, sebagai antioksidan, menurunkan tekanan darah, dan bisa digunakan untuk terapi penyembuhan penyakit diabetes mellitus. Belimbing mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, serta berbagai macam serat asam buah. Serat dalam belimbing sekitar 0,9 gram per 100 gram bahan.

buah berserat tinggi
Lengkeng
Kandungan gizi dalam Iengkeng bermanfaat untuk memperbaiki fungsi jantung dan peredaran darah, menambah nafsu makan, mencegah anemia, mencegah pemutihan rambut secara dini, membantu mempercepat penyembuhan luka Iuar, meningkatkan fungsi saraf, melancarkan saluran pencernaan, mencegah konstipasi, dan untuk terapi kecantikan. Kandungan energi yang tinggi dalam lengkeng sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina setelah sakit.

Lengkeng juga baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan karena kandungan gula di dalamnya bisa dijadikan sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan untuk mengembalikan tenaga setelah melahirkan. Penderita diabetes mellitus juga tidak disarankan mengonsumsi lengkeng karena kadar gulanya tinggi sehingga cepat menaikkan kadar glukosa darah. Lengkeng termasuk jenis buah berserat tinggi dengan kadar 0,9 gram per 100 gram bahan.

buah berserat tinggi
Pisang
Buah pisang juga memiliki kandungan serat.Selain itu, pisang juga mengandung vitamin A,vitamin C,fosfor, dan zat besi. Pisang bermanfaat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan demam, dan menurunkan tekanan darah.

Kandungan kalium dan natrium dalam pisang tergolong tinggi. Kedua zat gizi ini berguna untuk meningkatkan petumbuhan sel dan otot, meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anemia, membantu produksi energi, serta bisa memberikan kemampuan bertahan terhadap tekanan (stres). Kandungan kalium dalam pisang juga bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

buah berserat tinggi
Tomat
Tomat termasuk buah berserat tinggi dengan kadar 4,2 gram per 100 gram bahan. Tomat terkenal dengan kandungan likopen (zat warna merah tomat) yang mampu mencegah kanker prostat. Karena itu, kaum adam lebih dianjurkan mengonsumsi tomat secara rutin (setiap hari) agar tidak terkena kanker prostat.

Zat gizi lainnya yang terdapat dalam tomat adalah provitamin A, vitamin C, vitamin B1, dan asam sitrat. Zat gizi dalam tomat berkhasiat untuk mencegah kanker prostat, menurunkan tekanan darah, membantu pembentukan glikogen dalam hati, mencegah gusi berdarah.

Tomat juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hati dengan cara menyeimbangkan fungsi hati. Selain itu, tomat bisa meningkatkan nafsu makan sehingga bisa membantu mengobati penyakit anorexia (tidak nafsu makan).

Serat makanan memang mempunyai manfaat dan pengaruh yang menguntungkan. Namun, meskipun konsumsi sayuran atau buah yang berserat sangat dianjurkan tetapi jangan sampai berlebihan karena serat makanan yang berlebihan akan mengganggu ketersediaan biologis mineral dan vitamin dalam tubuh dan perut menjadi kembung.

Semoga artikel ini bermanfaat.

*Harap dicatat bahwa beberapa makanan sayuran dan buah berserat mungkin saja tidak cocok untuk beberapa orang dan Anda disarankan untuk mengkonsultasikan kepada dokter terbaik anda yang ahli dibidang sersebut untuk mengetahui berapa kadar serat yang diperlukan per harinya bagi tubuh Anda.
*Semua gambar/image/foto digunakan hanya untuk ilustrasi saja
*Disclaimer: Artikel yang sedikit ini sebaiknya digunakan sebagai informasi saja,bukan sebagai dasar untuk perawatan kesehatan, diagnosa ataupun pengobatan.

About adm_klikinfo

Check Also

dr laser jam tangan terapi laser

Dr Laser Jam Tangan Terapi Laser Berkualitas

Dr Laser :  Jam Tangan Terapi Laser Tanpa Rasa Sakit Dan Luka Serta Praktis Ada ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *