5 Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan

0
92
gejala kanker
Foto oleh SHVETS production dari Pexels

Klik Info Kanker biasanya akan menunjukkan gejala saat kanker sudah mulai menyebar di dalam tubuh. Ada beberapa gejala kanker yang kadang diabaikan penderitanya.

Kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya dan ditakuti banyak orang. Kanker umumnya akan menunjukkan gejala, namun beberapa orang malah cenderung mengabaikan gejala-gejala yang muncul tersebut. Gejala ini biasanya akan muncul setelah kanker mulai menyebar di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa gejala kanker yang menjadi tanda awal terjadinya kanker, namun sering kita diabaikan.

1. Batuk Disertai Suara Serak Dalam Waktu Yang Lama

Jika mengalami batuk yang sering datang dan juga sering hilang sendiri, bisa jadi disebabkan oleh alergi yang sering dialami oleh banyak orang. Namun jika batuk terjadi dalam waktu yang cukup lama, dibarengi dengan keluarnya darah dari mulut ketika batuk, bahkan batuk sulit sembuh, Anda harus waspada, karena jangan-jangan gejala tersebut merupakan tanda adanya kanker paru-paru di tubuh Anda. Untuk memastikan, perlu dilakukan pemeriksaan rontgen.

2. Nyeri Dalam Waktu Yang Lama

Munculnya nyeri memang tidak semuanya dikaitkan dengan gejala kanker, namun Anda tetap harus waspada jika nyeri yang Anda rasakan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami hal tersebut. Misalnya seperti Anda sering merasa nyeri yang cukup lama di dada atau bagian perut, bisa jadi itu adalah tanda gejala kanker paru-paru dan kanker ovarium. Untuk diagnosa yang lebih pasti, sebaiknya kunjungi dokter.

3. Perubahan Pada Tahi Lalat

Gejala kanker kulit biasanya ditandai dengan munculnya tahi lalat baru yang bisa semakin membesar seiring dengan berjalannya waktu. Namun memang tahi lalat ini belum tentu juga menjadi gejala kanker kulit, namun segera lakukan pemeriksaan ke dokter kulit jika terjadi perubahan di kulit Anda, atau muncul tahi lalat baru yang semakin membesar.

4. Pendarahan Yang Abnormal

Jika Anda mengalami pendarahan yang terjadi ketika diluar periode menstruasi Anda, mungkin saja itu merupakan gejala yang menandakan adanya kanker serviks di tubuh Anda. Karena kanker serviks biasanya akan membuat terjadinya pendarahan abnormal. Selain itu, jika pendarahan terjadi di bagian anus, bisa menjadi tanda kanker usus. Untuk mendapatkan diagnosa yang tepat segera konsultasikan kondisi yang Anda alami pada dokter yang tepat, untuk mendapatkan penanganan dengan segera.

5. Berat Badan Turun Drastis

Jika berat badan yang Anda miliki menurun drastis, padahal Anda tidak pernah melakukan diet apapun, mungkin hal ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda mengalami gejala kanker, tumor ataupun penyakit lain yang mungkin saja berbahaya. Waspadalah jika Anda mengalami penurunan berat badan drastis tanpa diketahui penyebabnya seperti ini. Jangan sepelekan apapun gejala kanker yang muncul.

Itulah beberapa gejala kanker yang muncul dan biasanya mudah diabaikan karena terkesan sepele. Untuk itu diperlukan perhatian yang lebih untuk melihat kondisi tubuh yang sering Anda alami. Misalnya saja ada gejala yang mencurigakan yang muncul di tubuh Anda, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan diagnosa yang tepat. Dengan diagnosa yang tepat dan diketahui apa penyebabnya, penanganan bisa segera dilakukan agar penyakit berbahaya tidak menyebar lebih jauh dan membahayakan tubuh Anda.

Selain itu, terapkan pola hidup sehat di keseharian Anda. Hindari merokok ataupun konsumsi minuman beralkohol, agar tubuh terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan. Konsumsi makanan sehat untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh setiap harinya. Selain itu usahakan untuk selalu minum air putih, agar racun-racun dan penyakit di dalam tubuh bisa dibuang lewat urine.

Dapatkan informasi kesehatan lainnya seputar diabetes, jantung, stroke dan hipertensi di gogomall.co.id dan drlaser.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here